Di Sini Jual Ikan Segar

Standard

Ada seorang yang memulai usahanya yaitu berjualan ikan segar di pasar. Untuk menarik perhatian pembeli, ia memasang papan pengumuman yang bertuliskan “Di sini Jual Ikan Segar.” Tidak lama kemudian datanglah seorang pengunjung yang memberikan komentar perihal tulisannya di papan pengumuman tersebut..

“Mengapa engkau menuliskan kata: ‘Di sini?’ Bukankah semua orang pastinya sudah tahu kalau engkau berjualan ‘Di sini’, bukan ‘Di sana’?” Lalu penjual itu berkata, “Ah, benar juga pendapatmu!” Lalu ia menghapus kata “Di sini” sehingga tinggallah tulisan “Jual Ikan Segar”.

Tidak lama kemudian datanglah pengunjung kedua yang juga menanyakan tulisannya. Ia berkata, “Mengapa engkau memakai kata: ‘Segar’? Bukankah semua orang sudah tahu kalau yang kau jual pastinya adalah ikan yang masih segar, bukan ikan yang busuk?” “Benar juga pendapat Anda,” kata si penjual ikan, lalu dihapusnya kata “Segar” dan
tinggallah tulisan “Jual Ikan”.

Sesaat kemudian datanglah pengunjung ketiga, dan lagi-lagi mengomentari tulisannya, “Mengapa engkau menulis kata ‘Jual’? Bukankah semua orang sudah tahu kalau ikan ini berada di sini untuk dijual, bukan sekadar dipamerkan?” Benar juga pikir si penjual ikan, lalu dihapusnya kata “Jual” dan tinggallah tulisan “Ikan”.

Selang beberapa waktu kemudian, datanglah pengunjung keempat, yang juga menanyakan tulisannya, “Mengapa engkau menulis kata ‘Ikan’? Bukankah semua orang sudah tahu kalau ini adalah ‘Ikan’ bukan ‘Daging’?” “Benar juga,” pikir si penjual ikan, lalu diturunkannya papan pengumuman itu.

Pesan Moral: Kita tidak akan pernah dapat untuk memuaskan keinginan setiap orang. Bila apa yang kita lakukan, hanyalah sekadar berangkat dari motivasi untuk ingin memuaskan semua orang, kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Jadilah diri Anda sendiri, bekerjalah memberikan yang terbaik, sambil tetap berharap dan memandang Tuhan. Ambil makna yang terbaik, yang kurang baik jangan diambil dan ditiru. Tuhan memberkati.

Disarikan dari berbagai sumber..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s