Berani Bermimpi

Standard

Milikilah keberanian untuk mengejar impianmu sendiri, dan jangan pernah meragukan bahwa kau mampu menghadapi segala rintangan yang menghadang. Tidak hanya di panti asuhan di China, aku pun telah bertemu dengan orang-orang dengan kemampuan yang mengagumkan untuk tidak menyerah pada keadaan di daerah-daerah kumuh di Mumbai dan beberapa penjara di Rumania. Belum lama ini aku berbicara di sebuah pusat kesejahteraan sosial di Korea Selatan, tempat sebagian penghuninya adalah para difabel dan sebagian lagi adalah para ibu tunggal. Kuatnya semangat mereka mengagumkanku.

Aku mengunjungi sebuah penjara di Afrika Selatan yang memiliki tembok beton dan jeruji-jeruji berkarat. Para kriminalitas berat tidak diizinkan menghadiri kebaktian kami di kapel, tetapi aku bisa mendengar suara mereka di luar, di semua penjuru penjara, yang turut menyanyikan lagu pujian. Seolah-olah Roh Kudus telah melimpahi semua penghuni di sana dengan kegembiraan Ilahi. Secara jasmani mereka tertahan, tetapi jiwa mereka bebas karena keyakinan dan harapan mereka. Ketika berjalan keluar melalui gerbang penjara hari itu, aku merasa para narapidana di dalam terlihat lebih bebas daripada banyak orang di luar gerbang penjara. Kau pun bisa menumbuhkan harapan dalam hatimu.

Ingatlah bahwa kesedihan pun sebenarnya memiliki tujuan. Merasakan emosi adalah hal yang sangat manusiawi, tetapi jangan pernah membiarkan emosi mengendalikan pikiranmu siang dan malam. Kau dapat mengatasi keadaan dengan berpegang pada pikiran yang lebih positif dan tindakan yang mengangkat semangatmu.

Karena aku adalah orang yang religius, di saat-saat susah aku berpegang pada imanku. Namun—mungkin ini mengejutkan—dari pelajaran akuntansilah aku mendapat sebuah pendekatan yang lebih pragmatis. Jika menurutmu kau sama sekali tidak memiliki pengharapan, itu berarti kau beranggapan kemungkinan adanya hal baik yang akan terjadi dalam hidupmu adalah nol persen.

Nol persen? Kalau itu sih agak kelewat ekstrem, kan? Keyakinan akan hari yang lebih baik memiliki daya yang sungguh tak terbendung sehingga, menurutku, lebih besar kemungkinan hari-harimu akan berubah menjadi lebih baik. Harapan, selain keyakinan dan cinta, adalah salah satu pilar spiritualitas. Apa pun keyakinanmu, jangan sampai kehilangan harapan karena segala hal baik dalam kehidupan berawal dari hal itu. Jika kau tidak memiliki harapan, akankah kau berencana membina sebuah keluarga? Tanpa harapan, mungkinkah kau bisa mempelajari sesuatu yang baru? Harapan adalah tumpuan untuk hampir setiap langkah yang kita ambil, dan harapanku dalam menuliskan buku ini adalah kau akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang tanpa batas.

Sebuah ayat Alkitab mengatakan, “Barang siapa berharap dalam Tuhan, mereka akan mendapatkan kekuatan. Mereka akan terbang dengan sayap layaknya rajawali; mereka akan berlari dan tidak akan pernah letih, mereka akan berjalan dan tidak akan pernah lelah.” (Yesaya 40:30-31). Pertama kali mendengar kalimat tersebut, aku sadar tidak membutuhkan lengan serta tungkai. Kau pun harus tahu hal itu. Jangan pernah lupa bahwa Tuhan tidak pernah kehilangan harapan atas dirimu. Tetaplah berjalan karena aksi menciptakan momentum, yang pada akhirnya menciptakan peluang yang tak terduga.

Dikutip dari buku “Life Without Limits”
Oleh Nick Vujicic
Halaman 41-42

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s