Kebaikan yang Indah pada Waktu-Nya

Standard

Ketika masih kecil, aku teringat pada ibuku yang sedang menyulam di atas sehelai kain. Aku yang sedang duduk dan bermain di lantai, melihat ke arah atas dan bertanya apa yang sedang ibu lakukan. Ia menerangkan bahwa ia sedang menyulam sesuatu di atas sehelai kain. Tetapi aku mengatakan bahwa yang kulihat dari bawah hanyalah jaringan benang yang tampak terlihat ruwet. Ibuku dengan tersenyum bijak, memandangku sambil berkata dengan lembut, “Anakku, lanjutkanlah permainanmu, sementara ibu akan menyelesaikan sulaman ini. Nanti setelah selesai, ibu akan memanggil dan mendudukkan kamu di atas pangkuan ibu. Kamu nanti akan dapat melihat keseluruhan hasil sulaman ini dari atas, dari sudut pandang ibu.” Saat itu aku heran, mengapa ibu menjalin benang demi benang yang tampak terlihat begitu semrawutnya menurut sudut pandanganku.

Beberapa saat kemudian ibuku memanggil, “Anakku, mari ke sini dan duduklah di pangkuan ibu.” Waktu aku melakukan hal itu, aku menjadi terheran dan kagum melihat hasil sulaman bunga-bunga yang indah, dengan latar belakang pemandangan matahari yang sedang terbit. Sungguh tampak indah sekali. Aku hampir tidak percaya melihatnya, karena dari bawah yang aku lihat hanyalah jaringan benang-benang yang ruwet. Kemudian ibu berkata, “Anakku, dari bawah memang terlihat ruwet dan kacau, tetapi engkau tidak menyadari bahwa di atas kain ini sudah ada gambar yang direncanakan, sudah ada sebuah pola yang indah, dan ibu hanya mengikuti membuatnya. Sekarang dengan melihatnya dari atas, kamu dapat melihat keindahan dari apa yang ibu sedang lakukan.”

Selama bertahun-tahun, aku sering melihat “ke atas” dan bertanya kepada Tuhan, “Apa yang sedang Engkau lakukan, Tuhan?” Dan Dia menjawab, “Aku sedang menyulam dengan indah kehidupanmu.” Lalu aku membantah-Nya, “Tetapi yang aku lihat hanyalah hidup yang terlalu ruwet, banyak ‘benang yang berwarna hitam.’ Mengapa tidak semuanya memakai ‘benang yang berwarna cerah’?” Kemudian Tuhan menjawab, “Kamu lakukan dahulu bagian pekerjaanmu dan biarkan Aku yang menyelesaikan bagian-Ku, melakukan pekerjaan-Ku di bumi ini. Suatu saat nanti, engkau akan dapat melihat rencana-Ku yang indah bagi kehidupanmu dari sudut pandang-Ku.”

Sering kali kita tidak mengerti apa yang Tuhan ingin dan lakukan di dalam kehidupan kita. Kita sering mengeluh akan beberapa peristiwa yang diijinkan-Nya terjadi di dalam hidup ini. Tetapi tetap percayalah bahwa Tuhan mengijinkan banyak hal terjadi adalah untuk kebaikan kita semata. Tuhan sedang “menyulam” rancangan-Nya yang indah dalam hidup kita. Saat ini kita hanya dapat melihatnya seperti “jaringan benang yang ruwet”, tetapi nanti bila waktu-Nya tiba, kita akan dapat melihat betapa indah rancangan-Nya bagi kehidupan setiap kita. Firman Tuhan di dalam Yeremia 29:11 berkata, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Tidak ada yang namanya kebetulan di dalam hidup ini [“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)]. Marilah kita menjalani semua yang terjadi di dalam hidup dengan penuh kebijaksanaan dan ucapan rasa syukur. Beri dan lakukan tugas serta bagian kita dengan sebaik mungkin, dan biarkan Tuhan yang melakukan tugas dan bagian-Nya. Teruslah berkarya bagi kemuliaan nama Tuhan. Amin. Tuhan memberkati..

Lirik Lagu: Pelangi Kasih

⁠Apa yang kau alami kini
Mungkin tak dapat engkau mengerti
Cobaan yang engkau alami
Tak melebihi kekuatanmu

Tuhanmu tak akan memberi
Ular beracun pada yang minta roti
Satu hal tanamkan di hati
Indah semua yang Tuhan b’ri

Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang agung mulia
Saatnya ‘kan tiba nanti
Kau lihat pelangi kasih-Nya

[Songwriter by: Herry Priyonggo]

Disarikan dari bbm Margaretha Sherly Kurnia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s