Dengan Tersenyum, Orang Jadi Susah Tebak Umur

Standard

“Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.” (Amsal 15:13).

Wajah seseorang yang menggambarkan kebahagiaan dapat menyesatkan orang lain dalam memprediksi usianya. Wajah seseorang yang menggambarkan kebahagiaan dapat terlihat lebih muda dibandingkan dengan usia sebenarnya. Karena tersenyum atau tertawa dapat melenturkan otot-otot di sekitar mata dan mulut. Saat melihat orang tersenyum, maka penilaian orang akan melihatnya sebagai pribadi yang lebih positif, lebih menarik dan lebih muda.

Hasil penelitian yang dilakukan Max Planck Institute for Human Development di Berlin menunjukkan bahwa rahasia untuk wajah agar tampak lebih muda mungkin dengan mencari kebahagiaan yakni tersenyum. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam Psychology and Aging. “Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, ekspresi wajah dapat mempengaruhi orang lain dalam memperkirakan usia,” kata Manuel Voelkle, seorang ilmuwan dari Max Planck Institute for Human Development di Berlin seperti dilansir dari MSNHealth, Jumat (11/11/2011).

Penelitian tersebut telah melibatkan 154 pria dan wanita Jerman dengan usia yang masih muda, setengah baya dan lanjut usia. Setidaknya dalam 10 sesi pengujian yang berbeda, setiap peserta ditunjukkan foto lebih dari 1.000 wajah dan diminta untuk menebak usia seseorang dalam foto-foto tersebut. Wajah orang-orang dalam foto tersebut terdiri dari ekspresi marah, takut, jijik, senang, sedih, dan ekspresi netral. Wajah yang menggambarkan ekspresi netral seperti pada pas foto dianggap paling akurat digunakan untuk memperkirakan usia seseorang dalam foto tersebut. Tetapi wajah yang menggambarkan ekspresi yang sarat dengan emosi cenderung menyesatkan jika digunakan untuk memperkirakan usia.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa semakin tua usia maka akan semakin kurang akurat untuk menebak usia seseorang. Orang muda cenderung menilai usia orang lain lebih muda dari usia sebenarnya. Sedangkan orangtua cenderung menilai usia orang lain lebih tua dari usia sebenarnya. Para peneliti terkejut ketika menemukan bahwa, wajah wanita yang lebih tua biasanya akan diperkirakan 3 tahun lebih muda dibandingkan pada pria yang lebih tua.

Dalam penelitian tersebut, riasan wajah bukan merupakan alasan mengapa wanita seringkali terlihat lebih muda dibandingkan dengan pria. Karena foto yang digunakan untuk penelitian tersebut merupakan hasil foto tanpa riasan wajah atau bahkan kacamata. “Umur adalah salah satu kategori paling penting yang kita gunakan untuk menggambarkan seseorang. Wanita mungkin lebih memperhatikan penampilan fisik dibandingkan dengan pria. Atau dapat juga karena wanita memiliki harapan hidup lebih lama dibandingkan dengan pria,” kata Voelkle.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, senyum merupakan cara mudah untuk dapat terlihat lebih muda dari usia sebenarnya. Prosedur bedah agar terlihat lebih muda seperti face lift, akan lebih sulit dilakukan dan umumnya memiliki risiko yang tinggi jika dibandingkan dengan tersenyum.

[Sumber: RT @LintasME: Dengan Tersenyum, Orang Jadi Susah Tebak Umur http://t.co/vA6O2DY4%5D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s