Tiga Wajah Berbeda

Standard

Alkisah pada waktu Leonardo da Vinci melukis “Makan Malam Terakhir (the Last Supper)”, ia memerlukan beberapa orang untuk dijadikan model agar lukisannya tampak lebih hidup. Ada sebuah kisah yang menarik pada waktu ia melukis Rasul Yohanes, Rasul Petrus dan Yudas Iskariot.

Saat menghadiri kebaktian di suatu gereja, Leonardo melihat ada seorang pemuda anggota koor gereja yang memiliki wajah yang jujur, lembut dan baik hati. Ia meminta pemuda itu untuk menjadi model dari “Rasul Yohanes” dan mulai melukisnya. Beberapa bulan kemudian, Leonardo berjalan ke tepi pantai dan menemukan seorang nelayan yang berwajah jujur, keras, tetapi baik hati. Lalu dia pun meminta pemuda itu untuk menjadi model “Rasul Petrus” dan melukisnya. Dan, beberapa bulan kemudian di dalam penjara, Leonardo menemukan seorang terpidana penipuan uang yang memiliki wajah yang licik, pandai menipu dan kejam. Dia pun meminta pemuda itu untuk menjadi model “Yudas Iskariot” dan Leonardo pun melukisnya.

Setelah selesai dilukis, pemuda itu duduk terdiam dan menangis. Leonardo da Vinci yang melihat kejadian tersebut merasa heran dan bertanya, “Mengapa kamu menangis?” Pemuda itu menjawab, “Apakah bapak tidak mengenal saya? Saya ini adalah model “Rasul Yohanes” dan “Rasul Petrus” yang bapak lukis sebelumnya. Karena terhimpit oleh beban perekonomian dan masalah di keluarga, saya berhenti menyanyi di dalam koor gereja dan menjadi seorang nelayan. Karena sulit untuk mencari ikan dan menanggung beban perekonomian yang juga semakin berat, saya menjadi seorang penipu dan akhirnya dipenjara di sini.”

Keadaan yang terjadi di sekitar kita memang tidak menentu dan tidak ada kepastian. Tetapi kita tidak boleh menyerah untuk terus berjuang memberi yang terbaik, serta tidak meninggalkan nilai-nilai kebaikan. Percayalah! Tuhan pasti membela dan mencukupkan dengan berkat-berkat-Nya di dalam kehidupan setiap kita. Tuhan memberkati..

Disarikan dari berbagai sumber..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s