The Great Man who Builds Great Lives

Standard

Saya sering bermain quiz dengan anak-anak saya. Kami secara bergantian melempar pertanyaan dan bagi yang dapat menjawabnya akan mendapatkan nilai. Pihak yang mengumpulkan nilai terbanyak adalah pemenangnya. Suatu kali saya melemparkan pertanyaan ini kepada Nathan. “Who is the greatest man on planet?” dengan cepat Nathan menjawab, “Daddy…!”

Ayah, Anda adalah pribadi yang paling hebat di mata anak-anak. Anda bahkan lebih hebat daripada superhero favorit mereka. Anda adalah pribadi yang luar biasa, karena Tuhan telah menunjuk Anda untuk membangun kehidupan anak-anak, generasi mendatang. Melalui Anda, mereka akan menjadi manusia-manusia yang hebat. Apa yang membuat Anda menjadi pria yang paling hebat dalam kehidupan anak-anak Anda? Pertimbangkan hal-hal di bawah ini sebagai jawabannya:

• Pertolongan-pertolongan kecil yang Anda berikan pada saat mereka membutuhkannya, hal yang paling sederhana mungkin adalah mengganti battery mainan mereka.
• Pujian-pujian kecil yang Anda berikan pada saat mereka melakukan sesuatu yang baik.
Words of comfort pada saat mereka takut atau kecewa.
• Hadiah-hadiah kecil yang akan mereka hargai.
• Waktu-waktu yang Anda berikan untuk menemani mereka bermain atau menyelesaikan pekerjaan rumah.
• Perhatian terhadap hal-hal yang menjadi kesukaan mereka.
• Mendengarkan cerita mereka.
• Berdoa bersama mereka, sehingga pada saat mereka melihat permohonan mereka kepada Tuhan dijawab, you can share the joy and the victory with them.
Be there! Karena mereka tidak akan pernah mendapat pertolongan dari superhero yang hanya ada dalam cerita atau khayalan mereka. Tetapi Anda adalah pahlawan yang dapat setiap saat membebaskan mereka dari kesulitan. You are their real hero!

Hal-hal di atas adalah hal-hal kecil yang harus Anda lakukan secara konsisten setiap saat. Kelihatannya tidak significant, tidak membutuhkan tindakan heroic yang menunjukkan betapa kuat, gagah dan perkasanya Anda sebagai seorang laki-laki. Tetapi seperti halnya jutaan batu bata yang kecil yang membangun Tembok China yang spektakuler, tindakan-tindakan kecil itulah yang akan membangun image seorang ayah yang luar biasa di mata anak-anak Anda.

Tembok China tidak dibangun dalam satu malam. Saya yakin orang-orang yang bekerja siang-malam menyusun dan melekatkan batu-batu bata tidak dapat membayangkan betapa hebatnya bangunan yang sedang mereka kerjakan. Demikian pula dengan kehidupan. Hal-hal kecil yang Anda lakukan bagi anak-anak mungkin terlihat tidak berarti. Tetapi itulah yang akan membangun kehidupan mereka. Sehingga suatu hari kelak Anda pasti akan takjub dan bangga melihat hasilnya.

Digest:

Kita sedang membangun kehidupan anak-anak dengan hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan bagi mereka. We don’t need rocket science to do that, but determination, patience and wisdom.

“Great things are not done by impulse, but by a series of small things brought together.” (Vincent van Gogh)

“The great doing of little things makes the great life.” (Eugenia Price)

“A soldier destroys in order to build; the father only builds, never destroys. The one has the potentiality of death; the other embodies creation and life.” (Douglas MacArthur)

–Hanna Carol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s