Jangan Berhenti, Jangan Menyerah

Standard

Ignace Jan Paderewski, pianis sekaligus penggubah lagu terkenal, dijadwalkan mengadakan pertunjukan di gedung konser yang megah di Amerika. Dipenuhi penonton kelas atas yang mengenakan tuksedo hitam dan gaun mewah, malam itu akan menjadi malam yang penuh kenangan. Di antara penonton, hadir pula seorang ibu bersama putranya yang berusia sembilan tahun yang duduk dengan gelisah, lelah menunggu. Ibunya berharap putranya bersedia berlatih piano setelah mendengarkan permainan piano Paderewski.

Sementara si ibu berbincang-bincang dengan teman-temannya, putranya menjadi semakin gelisah, dan diam-diam menyelinap pergi. Kemudian ia melihat piano besar merek Steinway yang terbuat dari kayu hitam dengan bangku berjumbai kulit di atas panggung raksasa yang tampak gemerlap oleh cahaya lampu. Dengan gemetar ia meletakkan tangan kecilnya di tuts piano dan mulai menekan-nekan. Penonton yang semula riuh tiba-tiba terdiam, sementara ratusan wajah yang merengut menudingkan tangan ke arah anak itu. Dengan marah, mereka mulai berteriak:

“Singkirkan anak itu dari sana!”
“Siapa yang membawa anak sekecil itu kemari?”
“Di mana ibunya?”
“Hentikan anak itu!”

Dari belakang panggung, sang pianis mendengar teriakan-teriakan itu dan menduga-duga apa yang sedang terjadi. Dengan tergesa-gesa ia meraih jasnya dan lari ke panggung. Tanpa sepatah kata pun ia membungkuk di belakang anak itu, menempatkan tangannya pada tuts piano dan mulai membuat improvisasi melodi untuk menyelaraskan dan menyempurnakan nada-nada dari si anak kecil itu. Sambil memainkan piano, Paderewski berbisik:

Mainkan terus. Jangan berhenti. Mainkan terus..
Jangan berhenti.. Jangan menyerah..

Sama seperti anak kecil itu, kita pun bekerja keras menunaikan tugas kita. Lalu saat kita mulai putus asa, Tuhan akan melakukan hal yang tepat di saat yang tepat. Dia akan membungkukkan tubuh-Nya dan berbisik:

Jalan terus; jangan berhenti. Jalan terus..
Jangan berhenti; jangan menyerah..

–Charles R. Swindoll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s