Supir Taksi Berbagi Kasih Imlek

Standard

“Jika kita hidup dengan nyaman, kita harus memikirkan orang lain yang kurang beruntung. Satu orang yang melakukan hal baik ibarat setitik sinar terang. Sekelompok orang yang melakukan hal baik adalah seperti Mercusuar yang bersinar. Dan jika kita semua bergabung, maka akan ada cahaya terang benderang di mana-mana..”

Seorang supir taksi di Dalian, Gu Qingtai setiap tahun merayakan Hari Pertama Tahun Baru sebagai Hari Ulang Tahun Kasih Sayang. Setiap Tahun Baru Imlek, Gu selalu menghias interior taksi bagian dalamnya dengan berbagai hiasan Imlek, dan sudah dua puluh tahun ini ia berbagi kasih dengan cara memberi tumpangan gratis kepada penumpang yang tidak mampu atau cacat, sebagai rasa syukur atas penghasilan yang telah ia peroleh.

Kini ada sekitar 60 supir taksi lain yang juga bergabung melakukan hal yang sama dengan Gu. Awal rasa syukur Gu adalah ketika pada tahun 1993 ia beralih dari buruh pabrik menjadi supir taksi dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Hingga pada suatu hari di tahun 1994, Gu mendapat penumpang seorang lelaki tua berusia 80 tahun di sebuah Rumah Sakit. Ketika sampai di tujuan, sang kakek dengan tangan gemetar membuka dompetnya yang kosong. Gu melihat hanya terdapat beberapa uang receh yang nilainya tidak seberapa. Lalu Gu menolak pemberian uang tersebut dengan sopan. Dari kejauhan ia dapat melihat sang kakek melambaikan tangan, dengan tangannya yang cacat.

Sejak itu terpatri kuat di dalam hati Gu, kapan saja ia bertemu dengan orang lemah yang membutuhkan, terutama orang cacat dan orang tua, ia akan membawa penumpangnya tersebut dengan gratis, walau mereka tidak mencegat taksinya untuk berhenti. Pada awalnya hal itu menimbulkan ketegangan di antara sesama supir taksi. Gu dianggap pamer, bahkan di dalam pergaulan ia disingkirkan oleh teman-temannya. Tetapi Gu tidak membalasnya, ia tetap teguh untuk menjalankan prinsipnya, sehingga pada akhirnya rekan-rekan sesama supir taksi dapat memahami dan memberinya simpati.

Gu membentuk kelompok “Gu Qingtai Taxi Love Team” dan mengajak serta para supir taksi lainnya untuk mau memiliki tanggung jawab sosial yang besar. Saat ini sudah ada terdaftar 60 taksi dan 120 supir dari berbagai perusahaan taksi di Dalian yang bergabung dengannya. Sejak bulan Mei 2008, tim tersebut telah membantu mengantar Qi Meijian dan saudara kembarnya yang berusia 10 tahun (keduanya penyandang cacat tubuh) dari rumah ke tempat pusat rehabilitasi, selama 10 bulan untuk terapi kesehatan.

Federasi Sumbangan Dailan juga menempatkan kotak sumbangan di dalam tim taksi, yang di mana penumpang terkadang memberi sumbangan uang koin bahkan uang kembalian di kotak tersebut. Gu tidak ingat berapa jumlah orang yang telah ia tolong, tetapi ia tidak akan pernah melupakan orang-orang yang telah mengirim lagu dan ucapan selamat kepadanya di radio sebagai ucapan terima kasih. Pada tahun 2005, Gu terpilih sebagai sebagai Pekerja Teladan Tingkat Nasional.

Petugas lokal Kantor Administrasi Lalu Lintas memberinya hadiah nomor plat mobil BT8888 dengan harapan taksi Gu dapat membawa keberhasilan dan keberuntungan lebih banyak lagi pada penumpangnya, dengan angka keberuntungan delapan.

Firman Tuhan berkata, “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:14-16).

Biarlah lewat hidup kita dapat memberikan kesaksian hidup yang baik bagi sekitar, dan nama Tuhan dapat dipermuliakan melalui hidup kita.

–Ditulis dari blog di Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s