Firman Allah Bagaikan Cermin

Standard

Di pedalaman Afrika ada sebuah suku yang kehidupannya masih sangat terbelakang. Mereka jarang sekali berhubungan dengan orang asing, sehingga mereka dapat mempertahankan kehidupan mereka yang terbelakang itu dalam jangka waktu yang lama. Namun, keterasingan mereka itu akhirnya dapat juga ditembus oleh orang-orang yang masuk ke daerah itu untuk berdagang. Salah satu barang yang ditawarkan kepada suku terasing ini ialah cermin. Suku ini tidak pernah mengenal cermin dalam peradaban mereka. Jika ingin melihat wajah mereka sendiri, yang dapat mereka lakukan ialah melihat bayangan wajahnya pada air di sungai atau danau yang ada di sekitar mereka.

Kemudian cermin itu dibawa kepada ratu, yang mereka sebut sebagai wanita yang paling cantik dari suku tersebut. Maksud si pembawa cermin itu adalah hendak menyenangkan hati sang ratu. Tetapi, ketika ratu melihat wajahnya di cermin itu, ia sangat terkejut, sebab di situ tampaklah wajahnya yang sebenarnya: Jelek dan sangat tidak menarik. Ratu menjadi sangat marah. Ia membanting cermin itu sampai pecah berkeping-keping, dan ia segera mengeluarkan perintah bahwa di rumah seluruh sukunya tidak diperbolehkan menyimpan cermin.

Yakobus 1:23-24 berkata bahwa: “Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.”

Firman Allah berfungsi sebagai “cermin rohani” yang memberikan gambaran mengenai keadaan diri manusia yang sebenarnya. Namun, sayang sekali banyak orang bereaksi seperti ratu di Afrika itu. Ketika melihat keadaan diri mereka yang sebenarnya, mereka bukannya bertobat, tetapi malah merobek atau menolak Firman Allah serta tetap mengeraskan hati mereka.

–Ditulis oleh Pdt. Ishak Sugianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s