Penyertaan Tuhan

Standard

“Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin.” (Pengkhotbah 4:6).

Hari ini dikabarkan akan ada demo besar-besaran untuk menentang kenaikan harga BBM, dan lalu dihimbau agar kita menghindari daerah-daerah tertentu, bahkan ada yang mengirim berita bahwa akan ada kerusuhan jilid dua, demikianlah isu yang beredar melalui sms atau bbm.

Seringkali kita lebih suka mengirim atau menyebar sms atau bbm tentang isu-isu yang menggemparkan, menakutkan, daripada mengirim ayat-ayat Firman Tuhan yang memberi kekuatan, keberanian, dan penghiburan dalam menghadapi situasi sesulit apapun.

Kuatir, stres, takut, panik itulah reaksi yang timbul apabila kita membaca isu-isu yang menakutkan yang disebarkan, kita menjadi paranoid dan kehilangan damai dan sukacita di hati. Tetapi bukan berarti kita tidak boleh waspada dalam menyikapi situasi yang ada di sekitar kita.

Pengkhotbah mengatakan bahwa, “Segenggam ketenangan lebih baik daripada dua genggam jerih payah..” kita dianjurkan untuk tetap bersikap tenang, karena dengan tenang baru kita bisa berpikir jernih dan berdoa kepada Tuhan.

Alkitab berkata:

“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya” (Nahum 1:7).

“Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” (Matius 10:31).

Kita juga diingatkan untuk.. “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.” (1 Petrus 5:7). Bukan kepada “orang kuat” atau yang berkuasa, bukan juga pada harta benda yang kita miliki..

Memang kuatir, takut, dan cemas adalah reaksi yang manusiawi bila kita diperhadapkan pada situasi atau ketika kita mendengar berita-berita tertentu. Namun kita juga harus belajar untuk mempunyai reaksi yang benar dalam menyikapinya. Datanglah pada Tuhan, serahkan segala perkara kepada-Nya. Tuhan menyertai, meneguhkan bahkan menolong kita, Dia akan memegang kita dengan tangan kanan-Nya yang membawa kita pada kemenangan demi kemenangan. Tuhan memberkati setiap kita.

–Disadur dari BBM pak Gembala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s