Gunakan Hak Anda: Kendalikan Waktu Anda

Standard

Jangan tanyakan kepada waktu ke mana ia pergi,
beritahukan kepadanya ke mana ia harus pergi.

Semua pencapai prestasi besar, semua orang yang sukses adalah mereka yang mampu memgang kendali atas waktu. Dikatakan bahwa semua manusia diciptakan sama dalam satu hal–setiap orang diberi 24 jam setiap hari.

Kita perlu memilih untuk memberikan waktu terbaik kita untuk situasi yang paling menantang. Bukan berapa banyak yang kita lakukan yang diperhitungkan, tetapi berapa banyak yang kita selesaikan. Kita seharusnya memilih untuk memperhatikan waktu kita, bukan memperhatikan arloji kita.

Jangan menghabiskan waktu senilai satu dolar untuk hasil seharga 10 sen.

Pastikan untuk memelihara waktu-waktu di dalam kehidupan Anda. Waktu-waktu yang rentan ini adalah hal pertama di pagi hari dan hal terakhir di malam hari. Saya pernah mendengar seorang hamba Tuhan berkata bahwa seperti apa seseorang di tengah malam, ketika ia sendirian, menyatakan orang itu sesungguhnya.

Jangan pernah membiarkan diri Anda berkata, “Saya seharusnya bisa mengerjakan hal-hal besar jika saya tidak terlalu sibuk melakukan hal-hal kecil!” atau “Saya akan memberikan segalanya untuk mampu melakukan..” Kendalikan waktu Anda. Semakin besar kendali yang Anda gunakan atas waktu Anda, semakin besar kebebasan yang akan Anda alami dalam kehidupan Anda.

Pemazmur berkata, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12). Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa iblis datang “untuk mencuri, membunuh dan membinasakan” (Yohanes 10:10), dan ayat ini berlaku selain untuk manusia, juga atas waktu kita. Musuh kita ingin memberi tahu anak-anak Tuhan ide-ide tentang bagaimana caranya membunuh, mencuri, dan menghancurkan waktu yang berharga. Salah satu penghemat waktu terbaik adalah kemampuan untuk mengatakan tidak. Belajarlah untuk berkata “Tidak”. Tidak mengatakan tidak ketika Anda harus mengatakannya adalah salah satu cara membuang waktu terbesar yang Anda lakukan.

Ada suatu prinsip kepemimpinan mendasar yang mengatakan, “6×1=6”. Jika Anda ingin menulis sebuah buku, belajar memainkan satu alat musik, menjadi seorang pemain tenis yang lebih baik, atau melakukan hal lain apa pun yang penting, Anda seharusnya meluangkan waktu satu jam sehari, enam hari seminggu untuk proyek itu. Seseorang dapat menyelesaikan banyak hal dalam 312 jam setahun! Hanya dibutuhkan sebuah komitmen untuk meluangkan satu jam sehari, enam hari seminggu.

Perbedaan antara orang yang satu dengan orang yang lain ditentukan oleh apa yang mereka lakukan dengan sejumlah waktu mereka. Janganlah seperti pilot pesawat yang terbang di atas Lautan Pasifik dan melaporkan kepada para penumpangnya, “Kita tersesat, tetapi kita sedang melakukan perjalanan yang menyenangkan!” Ingat bahwa masa depan adalah hitungan satu jam di muka. Kendalikan waktu Anda, maka Anda akan dapat mengendalikan kehidupan Anda!

Tahukah Anda bahwa Anda memiliki jumlah jam dalam sehari yang sama persis dengan yang diberikan kepada Leornado da Vinci, Michelangelo, Thomas Jefferson, Louis Pasteur, Helen Keller, Albert Einstein dan Mother Teresa?

Gunakan Hak-hak Anda: Kendalikan Waktu Anda!

Disadur dari tulisan John Mason, pendiri dan direktur Insight Internasional. Seorang pembicara masalah populer yang inspirasional, dan seorang pengarang buku-buku laris dengan lebih dari satu juta buku terjual dalam dua puluh bahasa.

[Dimuat dalam Buletin Phos edisi April 2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s