Lirik Lagu “Cat’s in the Cradle”

Standard

Harry Chapin, seorang penulis lagu terkenal dan penulis naskah, meninggalkan lirik “Cat’s in the Cradle” ini untuk kita. Ini adalah cerita yang kita butuhkan untuk mengubah kehidupan kita yang sekarang ini.

Suatu hari lahirlah seorang anak,
Ia lahir ke dunia ini dengan cara yang biasa.
Aku harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya.
Ia belajar berjalan ketika aku tidak ada.
Dan, tanpa aku sadari ternyata ia sudah berbicara,
Seiring dengan pertumbuhannya, ia mengatakan,
“Aku ingin menjadi seperti engkau, Ayah.
Tahukah Ayah, aku akan menjadi seperti engkau.”

Dan … segalanya tinggal kata-kata,
Anak kecil bersedih dan sang ayah tenggelam dalam pekerjaan.
“Kapankah Ayah pulang?”
“Ayah tidak tahu,
Tetapi, kelak kita akan kumpul bersama-sama lagi.
Kita akan menghabiskan waktu bersama-sama.”
Saya sudah lama pensiun, dan anak laki-laki saya sudah pindah.
Suatu hari saya meneleponnya.

Saya berkata, “Kalau kau tidak keberatan, ayah ingin menemuimu.”
Anak itu berkata, “Aku juga mau, Ayah, kalau aku punya waktu.
Ada sedikit persoalan di tempat kerja.
Anak-anakku juga terserang flu.
Tetapi, aku sungguh sangat senang bisa bicara denganmu, Ayah.
Benar sungguh menyenangkan bisa bicara dengan Ayah.”

Ketika saya meletakkan gagang telepon, semua menjadi jelas bagi saya.
Ia bertumbuh persis seperti saya.
Anak laki-laki saya sama seperti saya.*

Leave a Reply

