Pemimpin yang Memimpin

Standard

“Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.” (Amsal 11:14).

Hari ini warga Jakarta memilih gubenur dan wakil gubenur untuk 5 tahun mendatang di tengah-tengah krisis kepemimpinan di negara kita.

Warga Jakarta dan kita semua memang memerlukan pemimpin, tapi pemimpin yang bagaimana? Yang Yesus ajarkan adalah “Barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu.”

Yang kita cari adalah pemimpin yang menghamba bukan memperhamba, yang bukan hanya pintar melontarkan slogan-slogan penuh janji, tapi yang membuktikan apa yang diucapkannya.

Persoalannya, siapakah pemimpin yang dambaan utamanya menjadi hamba yang setia dan dapat dipercaya? Sebab kebanyakan dari kita semua kalau jadi pemimpin kita egois, ingin selalu dilayani. Dalam buku; “Pemimpin yang Memimpin” digambarkan yang banyak, pemimpin adalah pesolek-pesolek yang jatuh cinta berat pada diri sendiri atau materialis yang rakus dan gila harta atau megalomania yang mabuk kuasa.

Yang mau jadi pemimpin banyak, tapi menjadi pemimpin yang mau menjadi hamba, sulit dan sedikit sekali.

Pemimpin yang menghamba adalah pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, juga ditentukan oleh motivasi yang baik.

Motivasi yang bagaimana? Motivasi yang melayani, yang mau menjadi “pelayan”, sebab dengan melayani kita tidak mencari kepentingan diri sendiri sebaliknya kita menempatkan orang lain di pusat kepedulian kita.

Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang sekaligus menghamba, yang mampu mengendalikan diri, memiliki integritas, berani mengatakan yang benar dan mengoreksi yang salah, mempunyai keseimbangan antara kata dan fakta, memiliki kerendahan hati, mau menghargai orang lain termasuk bawahannya. Jadilah pemimpin teladan yang takut akan Tuhan dalam keluarga kita dan juga di masyarakat.

Selamat memilih dengan pertolongan Tuhan.

(Dari BBM pak gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s