Gereja sebagai Tubuh Kristus

Standard

“Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.” (1 Korintus 1:10).

“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” adalah paribahasa yang sudah kita mengerti sejak kita duduk di bangku sekolah dasar.

Di dalam Alkitab juga ditekankan bahwa gereja adalah tubuh Kristus, adakah Kristus terbagi-bagi?
Tapi apa yang kita lihat? Perpecahan, perselisihan dalam gereja masih terus terjadi, yang tidak suka dengan kondisi gerejanya lalu keluar dan mendirikan gereja yang baru. Bukan hanya itu, gereja yang satu menjelekkan gereja yang lain, saling mencela, menghancurkan satu sama lain, menyedihkan bukan? Iblis bersorak kegirangan dan Tuhan Yesus menangis.

Dalam buku “Menyembah dalam Roh dan Kebenaran” dikatakan bahwa orang Kristiani yang ikut menjadi penyebab perpecahan gereja, telah menjadi alat-alat setan! Sudah tidak punya rasa malu, iblis sudah mengeraskan hati mereka. Di sisi lain, bisa saja terjadi perpecahan, betapa pun tragisnya, namun masih dapat dipertanggung jawabkan daripada “bersatu jalan” dengan ketidakbenaran. Kesatuan dan persatuan itu penting, bahkan sangat penting! Tapi kesatuan dan persatuan dalam kebenaran, kebenaran tidak boleh dikorbankan.

Perpecahan memang harus kita hindari sedapat mungkin, namun bukan berarti kita meniadakan perbedaan. Perbedaan di antara kita, gereja yang satu dengan yang lain, ajaran yang satu dengan yang lain, adalah sesuatu yang wajar, baik dan tidak bisa tidak. Kita harus saling terbuka, saling menerima, saling mengakui, jangan saling memaksakan kebenaran masing-masing, karena kebenaran yang mutlak itu hanya ada pada Allah.

Paulus mengumpamakan gereja sebagai tubuh,

“Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.” (1 Korintus 12:12).

(Disadur dari BBM pak gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s