Sebuah Perenungan

Standard

“Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.” (Maleakhi 3:18).

Sebagai orang percaya, kita dituntut untuk menjadi serupa dengan Kristus, menjadi garam dan terang dunia, namun dalam kenyataannya, justru kita lebih serupa dengan dunia, bahkan kadang-kadang dunia malah lebih bagus dari kita, lebih bagus dari gereja.

Orang percaya malah begitu mudah terpengaruh oleh gemerlapnya dunia ini, padahal firman Tuhan mengingatkan kita agar; “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2).

Kita dituntut untuk berbeda dengan orang-orang yang tidak mengenal Kristus walaupun kita tinggal di dunia yang sama. Kita harus berbeda dengan dunia ini tapi bukan menjadi eksklusif dan atau terlihat aneh atau menyendiri, tapi sebaliknya kita harus menjadi teladan, menjadi berkat bagi orang di sekitar kita. Salah satu yang membedakan kita dengan dunia adalah “kasih”, Yesus menegaskan bahwa tanda utama menjadi pengikut Kristus adalah harus memiliki kasih.

Ayub dalam penderitaannya sempat mempertanyakan keadilan Allah, dia juga melihat dan mengamati bahwa mungkin benar orang fasik saat itu lebih diberkati, tapi dia tetap dengan tegas, tidak mau mengikuti pemikiran orang fasik. Dia tidak mau mengikuti kehidupan dunia, Ayub tidak setuju dengan pola pikir dan rancangan orang fasik.

Pengikut Kristus harus memiliki suatu gaya hidup Kristiani, yang sesuai dengan kehendak Kristus, gaya hidup yang memberi kita identitas bahwa kita adalah pengikut Kristus, bukan pengikut dunia, kita harus menunjukkan kualitas iman dan moral. Jangan pernah takut untuk melakukan segala sesuatu untuk Tuhan sekalipun itu dipandang berbeda oleh orang di sekeliling kita, kita memang harus berbeda.

(Disadur dari BBM pak gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s