Gereja Tidak Statis

Standard

“Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari.” (Kisah para rasul 6:1).

Semakin besar gereja, semakin banyak jemaatnya, semakin besar potensi perpecahan yang terjadi. Gereja seakan-akan telah kehilangan spiritualitasnya, telah menjadi kering, terlalu memakai otak dan pikiran daripada hati. Ibadah-ibadahnya loyo, nyanyian-nyanyiannya hanya menggerakkan bibir, tidak menyentuh emosi, itu sebabnya jemaat melirik keluar, seperti “mencari rumput hijau di rumah tetangga”, pindah gereja.

Dalam khotbah yang berjudul; “Gereja Tidak Statis”, memang harus disayangkan sikap orang-orang yang tidak puas, kecewa, lalu mencari jalan lain, mencari yang baru. Padahal gereja kita, ibarat rumah kita, keluarga kita, kalau rumah kita bocor, harusnya kita tambal ramai-ramai. Kalau rumah kita jelek, ayo kita cat, kita perbaiki sama-sama, jangan malah ramai-ramai kita tinggal pergi.

Sekali-sekali jajan tentu tidak dilarang, tapi jajanlah yang sehat dan jangan lalu lupa makan di rumah.

Namun demikian, pemimpin-pemimimpin gereja juga perlu memeriksa diri, mengoreksi diri menghadapi perubahan zaman yang begitu cepatnya, perlu pimpinan Roh Kudus agar bisa mengarahkan jemaat sesuai dengan kehendak Tuhan. Keadaan telah berubah, teknologi berkembang pesat, kebutuhan juga berubah, oleh karena itu gereja tidak boleh statis, harus dinamis, mencermati dan mengimbangi perubahan.

Jemaat berkembang semakin besar, muncul kebutuhan baru, muncul juga persoalan baru, sebagian jemaat mungkin tidak terlayani dengan baik. Oleh karena itu kita harus melayani bersama-sama, karena kita sudah menerima anugerah keselamatan dan kita bertanggung jawab untuk melayani Tuhan. Indah sekali bukan, kalau karena kerja bersama itu, firman Allah makin tersebar dan jumlah murid bertambah banyak.

(Sumber dari BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s