Kebaikan Hati Seorang Samaria

Standard

“Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.” (Lukas 10:33).

Suatu ketika ada seorang hamba Tuhan yang sedikit berkeluh kesah, dia mengatakan bahwa di gerejanya banyak orang yang kaya tapi sangat sedikit yang hatinya memiliki belas kasihan, seakan-akan mereka tidak peduli dengan jemaat lainnya yang miskin. Memang zaman sekarang ini, yang kaya sibuk memperkaya diri, sementara yang miskin semakin terpuruk dengan kemiskinannya.

Yesus memperkenalkan tokoh “seorang Samaria” yang dianggap sebagai “sampah”, “kafir” oleh orang Yahudi. Banyak orang berpikir seperti ini; kalau imam atau orang Lewi saja tidak berbuat apa-apa, apalagi yang dapat diharapkan dari orang Samaria ini? Namun kita melihat bahwa justru orang yang dianggap sebagai sampah itu, tergerak hatinya oleh belas kasihan, spontan, tulus. Dia melakukan sesuatu bukan untuk mendapatkan pujian atau supaya namanya menjadi terkenal, tapi semata-mata karena ketulusan dan belas kasihannya.

Belas kasihan bukan sekadar mengatakan “aduh kasihan” melainkan ada unsur “ikut merasakan”, empati, simpati.

Apa pun status kita di masyarakat, baik sebagai pemuka masyarakat, pemuka agama, maupun orang biasa, bukan itu yang paling menentukan dan mengesankan di mata Tuhan. Yang paling mengesankan di mata Tuhan adalah apakah Anda berbuat sesuatu bagi orang yang terkapar sekarat di tengah jalan itu.

Mengasihi sesama manusia, seperti diri sendiri, tanpa memandang suku, ras, agama, budaya, golongan, itulah yang diajarkan Kristus.

Alkitab berkata; “.. “Barangsiapa mempunyai dua helai baju, hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya, dan barangsiapa mempunyai makanan, hendaklah ia berbuat juga demikian.”” (Lukas 3:11).

Apa yang kita lakukan untuk saudara kita yang paling hina sekalipun, kita melakukannya untuk Yesus.

(Disarikan dari BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s