Mendidik Anak dalam Takut akan Tuhan

Standard

“Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.” (Kolose 3:21).

Sering kita mendengar orangtua berkata begini; semua kebutuhan anak saya sudah dipenuhi, apa yang mereka minta selalu diberikan, tapi kok seperti tidak ada puasnya. Banyak orangtua yang kurang atau bahkan kurang mengerti bagaimana cara membesarkan anak secara bijaksana.
Banyak di antara mereka yang melupakan pentingnya kasih sebagai dasar kehidupan antara orangtua dan anaknya, anak-anak yang tumbuh dari keluarga yang keras dan kasar akan menjadi anak-anak yang kacau secara mental.

Kita juga pernah mendengar anak-anak yang mengalami luka secara fisik akibat kekerasan yang dilakukan orangtuanya, bahkan ada juga yang sampai tewas di tangan orangtuanya.

Alkitab dengan tegas mengatakan; jangan sakiti anakmu, supaya jangan tawar hatinya, hati yang terlanjur tawar atau mungkin sudah pahit sulit untuk dipulihkan. Ucapan-ucapan yang kasar dapat melukai hati anak-anak dan berakibat buruk bagi pertumbuhan jiwanya. Firman Tuhan berkata; “Kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tapi didiklah mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Amarah anak seringkali membawa anak menjauh dari bapanya dan bahkan akhirnya memberontak terhadap orang tuanya. Pemberontakan menyebabkan anak tidak lagi menaati orangtuanya, mereka melakukan apa yang justru dilarang oleh orangtuanya dan tidak sedikit yang mendatangkan kutuk bagi dirinya sendiri. Inilah yang Tuhan tidak suka, Alkitab berkata; “jika hati bapa tidak berbalik kepada anaknya dan hati anak kepada bapanya, maka Aku akan datang memukul bumi sehingga musnah.”

Ingatlah bahwa anak-anak kita bukan hanya memerlukan “entertainment” atau hiburan, tapi yang lebih penting adalah “encouragement” atau dorongan. Anak-anak haruslah dididik dalam ajaran dan nasihat Tuhan, kekerasan baik secara fisik maupun mental, bukannya membuat mereka mengenal Tuhan, tapi sebaliknya.

(Sumber dari broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s