Sepasang Sepatu

Standard

Suatu hari, ada seorang bapak tua yang hendak menumpang sebuah bus. Pada saat ia menginjakkan kakinya ke tangga, salah satu sepatunya lepas dan terjatuh ke jalan raya. Lalu pintu pun mulai menutup dan bus bergerak maju, sehingga ia tidak bisa memungut sepatu yang terlepas tadi. Si bapak tua itu dengan tenang segera melepas sepatunya yang sebelah dan melemparkannya ke luar jendela.

Seorang pemuda yang duduk di dalam bus melihat kejadian itu, dan bertanya pada si bapak tua,

“Saya memperhatikan apa yang telah Anda lakukan. Pertanyaannya adalah mengapa Anda juga melemparkan sepatu Anda yang sebelah?”

Si bapak tua menjawab,

“Supaya siapapun yang menemukan kedua sisi sepatuku dapat memanfaatkannya.”

Cerita di atas adalah salah satu filosofi mendasar dari kehidupan: Jangan mempertahankan sesuatu hanya karena ingin memilikinya atau karena kita tidak ingin agar orang lain memilikinya..

Seperti bapak tua dalam cerita, kita harus belajar untuk melepaskan sesuatu. Sejak awalnya sudah ditentukan bahwa memang itulah saatnya si bapak tua kehilangan sepatunya. Mungkin saja peristiwa itu terjadi supaya si bapak tua nantinya bisa mendapat sepasang sepatu yang lebih baik. Lagi pula, jika satu sepatu hilang, maka sepatu yang tinggal sebelah tidak akan banyak bernilai dan berguna bagi kehidupan si bapak. Tapi dengan melemparkannya ke luar jendela, sepatu itu dapat menjadi hadiah yang sangat berharga bagi orang-orang yang membutuhkan.

Terkadang, dengan berkeras hati dan berusaha mempertahankan sesuatu tidak selalu membuat kita atau dunia menjadi lebih baik. Kita semua harus memutuskan kapan suatu hal, suatu keadaan, atau seseorang masuk dalam kehidupan kita. Pada saatnya nanti, kita juga harus cukup mengumpulkan keberanian untuk melepaskannya. Karena tidak ada badai yang tak berlalu dan tidak ada pesta yang tak pernah usai. Semua yang kita temui di dunia ini tiada yang abadi..

(Sumber dari Broadcast BBM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s