Takut akan Tuhan

Standard

“supaya seumur hidupmu engkau dan anak cucumu takut akan TUHAN, Allahmu, dan berpegang pada segala ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu, dan supaya lanjut umurmu.” (Ulangan 6:2).

Banyak orang beragama berkata “takut akan Tuhan”, tapi dalam praktiknya justru mereka melecehkan Tuhan, apa yang diperbuatnya tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan. Kenapa bisa begitu? Salah satunya adalah mereka tidak tahu apa itu kehendak Tuhan, makanya tidak heran banyak yang menjalankan ritual keagamaannya dengan begitu saleh, namun tidak mengenal Tuhannya, sehingga tidak heran kalau mereka menyerukan nama Tuhan, tapi kebringasanlah yang ditampilkan, bukan cinta kasih.

Takut akan Tuhan bukan dalam pengertian “ngeri” tapi hormat kepada Tuhan, adalah sangat mengerikan ketika kita tidak lagi punya rasa takut kepada Tuhan. Rasa takut dikaruniakan Tuhan sebagai rem di dalam hidup kita dan hidup kita akan celaka kalau rem itu blong, kita tidak takut lagi berbuat dosa, dosa apapun yang kita lakukan kita anggap biasa. Amsal berkata; “Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.” (Amsal 14:27).

Takut akan Tuhan akan memberikan arah kehidupan, kita bisa menikmati pemeliharaan Tuhan di tengah himpitan kesakitan dan pergumulan hidup. Alkitab berkata; “Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya.” (Amsal 14:26). Takut akan Tuhan akan menghilangkan rasa takut kita atas apa pun, termasuk dalam perjalanan menyongsong masa depan.

Takut akan Tuhan mendatangkan kebahagiaan, pemahaman dan pengetahuan. Pemazmur mengatakan; “Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.” Kebahagiaan orang percaya seharusnya bukan bergantung pada berapa banyak harta, jabatan, status sosial yang kita miliki, tapi bergantung pada berapa takutnya kita kepada Tuhan.

(Sumber dari BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s