Dua Kesalahan

Standard

“Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.” (Filipi 4:12).

Siapa yang mau ditimpa masalah? Rasanya tidak ada seorangpun, tapi di sisi lain siapa yang bisa menghindari masalah dalam hidupnya? Tidak ada.

Rasul Paulus adalah teladan yang patut kita contoh, dalam menghadapi masalah, kesulitan, deraan, ancaman, ia tidak menjadi kecewa, sebaliknya ketika ia diberkati, diberi kenyamanan, kelimpahan, ia tidak menjadi hanyut. Tuhan memang tidak pernah menjanjikan orang percaya, bebas dari masalah, karena dunia tidak dirancang sebagai disney world atau dream world atau dunia fantasi di mana manusia dapat mendapatkan kegembiraan sesaat, dibuai tokoh-tokoh impian.

Tuhan tidak merancang dunia yang membuat manusia rapuh dan lembek, walau mungkin dunia seperti itulah yang kita idam-idamkan, justru iman itu teruji dari goncangan-goncangan yang menimpa kita. Dalam khotbah yang berjudul; “Dua kesalahan” dikatakan bahwa hidup kita bukanlah produk “sekali jadi” melainkan suatu “proses menjadi” Bergerak, Berkembang, Bertumbuh, Berubah. Dalam setiap proses pertumbuhan ini, satu unsur tak terhindarkan; kesakitan, masalah dan bertumbuh itu menyakitkan.

David Watson, seorang pendeta dari Inggris, ketika ia tahu bahwa ia menderita kanker usus, ia mengumpulkan teman-temannya dan membentuk kelompok doa, berdoa dengan keyakinan penuh bahwa Watson akan mengalami mujizat kesembuhan. Ternyata ia tidak sembuh juga, ia menulis buku; “fear no evil”, di situ ia bersaksi bahwa yang ia butuhkan adalah iman yang menopang, iman yang mengajarkan kepadanya “seni menghadapi maut”, di mana mati secara baik adalah prestasi, bukan kegagalan, yang harusnya disadari oleh orang beriman dan pula iman yang tdk silau dalam kemakmuran.

(Disadur dari BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s