Renungan Siang

Standard

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”” (Matius 5:16).

Kekerasan mengatasnamakan agama terjadi lagi, masing-masing merasa keyakinannya yang paling benar dan berhak menjadi “tuhan” atas yang lain, seakan-akan agama tidak kuasa untuk membentuk manusia menjadi lebih baik. Kalau ada kelompok yang tidak sepaham dengannya, maka harus dihancurkan, dimusnahkan, padahal kehidupan adalah milik Allah, monopoli dan hak eksklusif Allah, jadi ketika ada manusia mau merampas hak eksklusif Allah dengan menghilangkan nyawa sesamanya, berarti dia melawan Allah sendiri, sang sumber dan pemilik kehidupan.

Sebagai orang percaya kita dituntut untuk melakukan kebaikan bukan kekerasan, menjadi saksi bukan batu sandungan. Tapi dalam kenyataannya, tidak semudah itu, kita tahu yang baik, namun yang kita lakukan justru yang tidak baik, persis kata Paulus; “Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.”

Berapa banyak orang yang taat beragama, dengan akal budinya melayani hukum Allah, tapi dengan tubuh insaninya melayani hukum dosa. Bahkan Paulus juga mengatakan; “tapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.” Alkitab dengan tegas mengatakan, bukan orang yang berseru Tuhan, Tuhan, akan masuk ke dalam kerajaan sorga, melainkan mereka yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Sudahkah kita tahu, apa kehendak Bapa kita di sorga?

Paulus berkata syukur kepada Allah! Oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, dia dilepaskan dari tubuh mautnya. Hanya oleh Roh Kudus kita dimampukan menjadi terang bagi dunia yang gelap ini dan melakukan perbuatan yang baik, yang memuliakan Bapa kita di sorga. Tugas kita adalah menjadi saksi Kristus, bukan saksi gereja atau agama.

(Dari broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s