Renungan Malam

Standard

“Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.” (2 Korintus 2:17).

Seringkali kita lihat, orang memakai agama untuk kepentingan dirinya dan untuk memenuhi nafsunya sendiri dan nama Allah digunakan untuk menutupi kebejatannya. Gereja juga tanpa sadar sering terlarut dalam pemahaman yang kurang tepat, para pengkhotbah seringkali menekankan ukuran keberhasilan, penyertaan Tuhan, secara kuantitatif. Berkat, kekayaan, kesuksesan, kesembuhan itu yang diminati banyak orang percaya, seakan-akan ukuran iman diukur dari hal-hal tadi.

Jemaat menjadi kurang suka pada kualitas, karena kualitas iman selalu menuntut keberanian dan pengorbanan yang besar, tidak ada yang mau membayar harga dalam mengikut Yesus, semuanya mau mengambil untung dari percayanya. Orang yang berlomba-lomba membuka gereja, menjadi pengkhotbah, semata-mata didasari keuntungan materi yang akan diperoleh, motivasi cari untung.

Paulus mengingatkan kita, orang percaya agar kita tidak mencari keuntungan dari pelayanan firman Tuhan, artinya, tidak memperlakukan firman Tuhan seperti barang dagangan, tidak menjual kebenaran firman Allah untuk mendapat keuntungan. Kesaksian-kesaksian juga seringkali tidak memuliakan Tuhan, tapi mengagungkan dan membuat populer yang bersaksi. Paulus memfokuskan pelayanannya untuk kemuliaan Allah yang dilayaninya, motivasinya murni, ia tidak bermaksud mencari keuntungan apapun dari pelayanannya.

Paulus tidak mengejar popularitas dengan menjual kesaksiannya yang penuh dengan pengalaman yang luar biasa, namun ia lebih banyak memberitakan Kristus, yang justru membuatnya mengalami kesengsaraan, dipenjara, didera, dipukuli dan dia berkata; “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

(Sumber dari Broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s