Pemimpin yang Memimpin

Standard

 “Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,” (Matius 20:26).

Serangkaian debat cagub dan cawagub ditayangkan oleh berbagai media televisi, masing-masing mengemukakan visi dan misinya. Memang ada orang berambisi untuk menjadi pemimpin, meraih kekuasaan, dengan segala upaya, strategi, bahkan cara-cara yang tidak baikpun ditempuh oleh sebagian orang. Makanya tidak heran isu sara dilontarkan, uang disebar untuk membeli kepercayaan rakyat dan tidak sedikit yang menggunakan khotbah, doa, ritual agama untuk mencapai puncak kekuasaan.

Menurut Yesus, menjadi pemimpin berarti menjadi “pelayan”, menjadi pemimpin berarti menjadi “hamba.” Seorang pemimpin yang baik harus menjadi pengikut yang baik, tidak hanya pintar berkoar, tapi juga harus peka mendengar. Jangan seperti orang-orang Farisi dan ahli Taurat karena mereka mengajarkan tentang kebenaran tapi mereka tidak hidup dalam kebenaran, tidak “walk the talk” istilah keren sekarang ini, perbuatan atau tindakannya tidak sesuai dengan perkataannya atau NATO, no action talk only.

Dalam buku, “Pemimpin yang Memimpin”, kepemimpinan manusia menurut Alkitab adalah mandat dan berkat Allah, karenanya kemanusiaan seseorang tercermin melalui kepemimpinannya.

Kepemimpinan yang brengsek mencerminkan kualitas kemanusiaannya yang brengsek pula. Kepemimpinan adalah penugasan Allah, karena itu mesti dilaksanakan sesuai dengan kehendak-Nya, memimpin bukanlah lisensi untuk berbuat semau-maunya atau mengeruk untung sebanyak-banyaknya.

Menjadi pemimpin adalah karunia Tuhan yang sangat unik, yang tidak dimiliki oleh makhluk-makhluk lain, sebab itu luhur dan mulia. Orang harus menjalankan kepemimpinannya dengan syukur, hormat dan khidmat. Jangan menodainya dengan tindakan-tindakan yang serampangan dan tidak Ilahi, sebab bila itu yang dilakukan, maka yang dihadapi tak kurang adalah Allah sendiri.

(Sumber dari Broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s