Bukan Pemimpin Karbitan

Standard

Subject: Bukan Pemimpin Karbitan

(Keluaran 18:21a)

Seorang pemimpin sebaiknya adalah orang yang seharusnya telah mempunyai track record yang baik, itulah juga yang dinasihatkan Yitro, mertua Musa, tentang orang yang pantas diangkat menjadi pemimpin. Dan untuk memiliki “rekam jejak” yang baik harus melalui suatu proses pembuktian.

Alm. Pdt Eka Darmaputera mengatakan bahwa kepemimpinan yang baik seharusnya bertumbuh melalui suatu proses yang berlangsung alamiah, bukan “karbitan”, seperti halnya sebuah tanaman, ia tidak mendadak ada sebagai pohon yang besar. Dimulai dari benih yang kecil, lalu bertumbuh menjadi tunas yang lemah, baru lambat laun bertumbuh besar menjadi sebuah pohon. Ini pun, awalnya hanya sebuah pohon yang tidak menghasilkan apa-apa, baru kemudian menjadi sebuah pohon yang rimbun daunnya sehingga mampu menaungi dan mengayomi orang dari sengatan terik matahari.

Karena itu seorang pemimpin perlu melalui proses. Yesus memberi contoh melalui perjalanan hidup-Nya sendiri, suatu proses yang sama sekali tidak menarik perhatian, jauh dari gemerlapan, bahkan lebih menampilkan kesederhanaan. Kelemahan yang paling menyolok dari situasi kepemimpinan kita sekarang ini adalah “ketidaksabaran”, dalam mencanangkan sesuatu, seluruh daya, tenaga dan upaya cenderung hanya pada hasil, bukan proses. Akibatnya terlalu banyak “tokoh” yang menjadi pemimpin bukan karena berhasil membina diri sendiri sedemikian rupa, tapi seringkali karena ambisi pribadi atau golongan dan untuk mencapainya mereka rela melakukannya dengan menghalalkan segala cara.

(Disadur dari BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s