Sebuah Renungan Siang

Standard

“Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: “Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”” (Lukas 18:18).

Banyak orang berpikir bahwa untuk memperoleh hidup yang kekal harus melalui usaha yang sungguh-sungguh. Dalam ayat yang di atas dikisahkan ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, apa yang harus kuperbuat untuk hidup kekal?

Dalam buku “Iman; Menjawab Pertanyaan, Mempertanyakan Jawaban,” pertanyaan pemimpin tadi mempergunakan bahasa jual beli, berapa yang harus dibayar untuk memperolehnya? Berapa banyak berdoa, berpuasa, beribadah untuk memperolehnya? Salah sekali kalau ada orang yang berpikir, bahwa hidup kekal bisa dibeli dengan apa yang dipunyainya. Salah kalau ada yang berpikir, bahwa ia dapat membeli hidup kekal dengan ketaatan beragama! Hidup kekal tidak diperjual belikan.

Kata Paulus, orang dibenarkan, orang diselamatkan oleh karena anugerah, orang menerima hidup yang kekal hanya melalui iman.

Jadi jangan ada yang beranggapan bahwa karena ia kaya, berkedudukan tinggi, karena ia pemimpin agama, karena ia pendeta, karena saleh dan taat beragama, lalu merasa hidup yang kekal sudah menjadi haknya, merasa lebih rohani dari orang lain, merasa lebih selamat dari orang lain, bahkan ada yang bisa mengatakan orang yang tidak sejalan dengannya, akan masuk neraka. Tapi ketika disuruh memilih antara menjual hartanya dengan memperoleh hidup yang kekal, orang kaya dalam perumpamaan ini menjadi sedih.

Persoalannya, berapa banyak dari kita yang serius dengan iman kita, sehingga kalau kita harus menghadapi ujian seperti yang dihadapi orang kaya tadi, ia rela kehilangan segala-galanya, kedudukannya, kekasihnya, hartanya, bahkan mungkin nyawanya demi iman dan kesetiaannya kepada Kristus. Bukan sebaliknya, malah menjual Yesus, menjual imannya, hanya untuk mendapatkan posisi, jabatan, kesembuhan dan kekayaan dan bahkan wanita yang didambakan.

(Disarikan dari Broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s