Kisah Pohon dan Burung Pelatuk

Standard

Ada sebuah pohon yang sedang berbuah lebat, dan terlihat buahnya sangat menggiurkan. Burung jalak terbang ke arah pohon, sembari berteriak memuji pohon tersebut, “Wahai pohon yang subur, engkau terlihat sangat indah.” Pohon berkata kepada burung jalak, “Teman, tinggallah di tempat saya!”

Kemudian burung kenari terbang ke pohon ini sambil bernyanyi, “Pohon ini sangatlah hijau daunnya, buahnya pun sangat wangi.” Pohon pun berkata, “Jika engkau ingin memakan buah, silahkan ambil saja!”

Burung pelatuk terbang ke pohon ini, dia mematuk di sana-sini, membuat pohon itu merasa kesakitan. Burung pelatuk berkata, “Saya melihat di dalam tubuh Anda ada seekor ulat, dan saya ingin mematuknya keluar. Jika tidak, maka Anda akan sakit dimakan ulat.” Si pohon pun marah dan berkata, “Omong kosong! Engkau sudah mematuk saya. Engkau sengaja ingin membunuh saya, ya? Cepat pergi dari sini!”

Tidak lama kemudian, pohon menderita sakit. Daunnya berubah berwarna kuning, kemudian berguguran.

Burung jalak terbang meninggalkannya.
Burung kenari juga.
Tetapi burung pelatuk datang lagi. Walau pohon tersebut menjerit kesakitan, dia tidak peduli. Dia terus mematuk sampai ulat di tubuh pohon habis. Beberapa waktu kemudian, pohon ini bertumbuh kembali, dedaunan hijau mulai terlihat, dan kemudian berbuah lagi.
Berhati-hatilah! Yang bernyanyi dan memuji belum tentu seorang teman. Tetapi yang bersedia menunjukkan kekurangan, inilah teman sejati.

“Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.” (Amsal 27:6).

(Disarikan dari Broadcast BBM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s