Sebuah Refleksi

Standard

“Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?” (Lukas 12:56).

Bukan hanya pelajar SMA yang suka tawuran, mahasiswa pun tidak ketinggalan turut memeriahkan, baru-baru ini 2 mahasiswa tewas dan bahkan polisi menemukan 2,2 kg ganja di area kampus. Para pakar berkata, salah satu penyebabnya adalah pelajar atau mahasiswa tidak diberi ruang untuk mengekspresikan diri, yang lain berkata karena mereka tidak melihat contoh yang baik di lingkungan keluarga mereka sehingga mereka melampiaskan kekecewaan dengan aktivitas jalanan.

Memang negara kita ini penuh dengan orang-orang munafik, baik pejabat tinggi, aparat penegak hukum, para guru, para orang tua dan juga termasuk para pemimpin agama. Acapkali kita lihat orang-orang yang begitu dihormati, taat beragama, fasih ayat-ayat Kitab Suci, namun sayangnya semuanya itu dilakukan hanya untuk pamer, keinginan untuk dilihat dan dipuji orang lain, penuh dengan kepura-puraan. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang. Alkitab berkata: mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di rumah ibadat, mereka suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar.

Kemunafikan adalah hal yang sangat dibenci Tuhan, Yesus berkali-kali mengecam kemunafikan dengan berkata, “celakalah kamu atau terkutuklah kamu.” Itulah yang seringkali dipertontonkan di masyarakat kita, sehingga anak-anak kehilangan pegangan, mereka melihat orangtuanya seperti malaikat bagi orang luar, tapi bagi keluarganya mereka tidak lain adalah pembohong besar.

Hidup Kristiani seharusnya selalu melakukan refleksi dan antisipasi. Refleksi berarti mengevaluasi apa yang sudah lalu dan mengantisipasi apa yang akan datang.
Suatu sikap dan gaya hidup yang senantiasa berbenah diri, selalu melakukan introspeksi dan koreksi, sehingga apa yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita katakan.

(Disarikan dari Broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s