Sebuah Perenungan

Standard

 “Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: “Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!” (Lukas 23:39).

Kalau kita amat-amati penjahat yang disalib bersama dengan Yesus, keduanya tahu siapa Yesus, tapi masing-masing memiliki sikap yang berbeda. Yang satu merasa diri layak dihukum sebagai konsekuensi atas perbuatan jahat yang dilakukannya. Ia memiliki kerendahan hati, penyangkalan diri dan sikap merasa pantas dihukum, sikap merasa tidak layak bahkan untuk menerima pengampunan sekalipun.

Yang satu lagi tahu siapa Yesus itu, tapi meragukan ke”Tuhan”an Yesus, akan tetapi pengetahuan dan tingkat percayanya hanya melahirkan sikap menuntut, “selamatkanlah diri-Mu dan kami”, yang ia pedulikan hanya kepentingan dirinya sendiri, keselamatannya sendiri.

Bukankah sekarang ini banyak orang percaya tidak beda dengan penjahat ini, percaya kepada Yesus tapi sebenarnya menuntut Yesus agar melaksanakan keinginannya. Orang begitu giat melayani Yesus, bahkan seringkali menggunakan nama Yesus, percaya Yesus sebagai Kristus, tapi ujung-ujungnya, menuntut agar Yesus mengabulkan permintaannya, doanya sesuai keinginannya, bukan kehendak-Mu yang jadi, tapi kehendakku yang jadi.

Penjahat yang rendah hati, ia tidak menuntut, tapi hanya memohon, “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja. Dia memang bukan orang Kristiani, barangkali tidak mengerti firman Allah, tapi dia sadar akan keberdosaannya, dia berserah penuh, percaya penuh, ia bersedia menerima apapun yang Yesus putuskan, bukan Yesus yang harus menerima apa yang dia putuskan.

Di hadapan Tuhan, tidak ada yang lebih dibenci daripada kesombongan rohani, yang merasa paling layak dan suci dari orang lain, yang melihat sesama dengan sikap menghakimi.

(Disarikan dari broadcast bbm pak gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s