Pemimpin Berhati Bapa

Standard

“Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;” (1 Tesalonika 5:12).

Pemimpin berhati bapa adalah anugerah sangat berharga karena kita diterima dan dicintai bukan karena pencapaian kita, melainkan karena ikatan kasih Kristus. Sebagai orang harus bertanggung jawab atas kita di hadapan Kristus dan berjaga-jaga, tugas untuk memimpin umat Tuhan bukanlah sebuah perkara sederhana. Memuridkan serta mendewasakan orang di dalam Kristus memerlukan kerja keras, itulah sebabnya setiap bapa rohani patut dihormati.

Namun patut kita ingat bahwa menghormati tidak sama dengan mendewakan, sebab seorang bapa rohani hanyalah wakil Kristus menyampaikan kebenaran firman-Nya kepada orang-orang yang dipimpinnya. Wewenangnya datang dari Tuhan dan bukan dari dirinya; oleh sebab itu ia terpanggil untuk membangun kekudusan dan kebenaran dalam diri anak-anak rohaninya, dan bukan justru meruntuhkannya!

Otoriter, sombong, ego, memperkaya diri sendiri, menindas bawahan, rakus, dendam, dusta, bukanlah buah dari kepemimpinan berhati Bapa. Itu adalah penyalahgunaan kuasa kepemimpinan palsu, alias buah dari si jahat. Karena itu ujilah segala sesuatu dengan kebenaran dan jikalau sebuah kepemimpinan itu baik dan berkenan kepada Tuhan. Hormatilah pemimpin itu dengan taat dan tunduk kepadanya.

“Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.” (Ibrani 13:17).

(Sumber dari broadcast bbm pak gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s