Fert Fructum Multum

Standard

“Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.” (Yohanes 15:2).

Banyak orang berharap pada tahun ini menjadi lebih baik di segala hal, lebih sehat, lebih makmur, lebih sukses, namun tidak banyak yang berharap ingin lebih bertumbuh dalam iman dan berbuah lebih banyak buat sesama. Kebanyakan orang hanya berpikir untuk dirinya sendiri, keluarganya, golongannya, kelompoknya. Tuhan Yesus ingin agar setiap orang percaya, mengalami pertumbuhan iman dan berbuah, dan salah satu ciri pertumbuhan iman yang sehat adalah kesediaan untuk dibersihkan. Menghasilkan buah bagi Allah adalah suatu tuntutan yang mutlak.

Yohanes Pembaptis mengatakan: “Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan” (Matius 3:8), kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api (Matius 3:10).

Dalam perikop “Pokok anggur yang benar”, digambarkan dua proses pembersihan; yang pertama dipotong, ranting yang tidak berbuah harus dipotong karena ranting ini juga menyerap makanan yang seharusnya diperuntukkan bagi ranting yang berbuah. Yang kedua dibersihkan, untuk supaya menghasilkan anggur yang baik, ranting yang berbuah harus dibersihkan daun-daunnya agar buahnya menjadi lebih banyak.

Lalu siapakah yang dimaksud dengan ranting yang tidak berbuah? Setiap orang Kristiani yang beragama Kristiani, hanya menjalankan ritual agamawi tanpa hidup di dalamnya dan melakukan kehendak Tuhan.

Ada banyak ranting dalam hidup kita yang harus dibersihkan, apakah itu kesombongan, harta, kebiasaan buruk, status kita, pemikiran kita, dll. Setiap dari kita diharapkan “Fert Fructum Multum”, yang berarti dengan subur berbuah banyak, dengan kata lain kita harus berbuah banyak. Yesus berkata; “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya, barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak.” (Yohanes 15:5).

(Ditulis dari bbm pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s