Spiritualitas Siap Juang

Standard

“Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,” (Efesus 5:18).

Digrebeknya rumah seorang artis yang diduga sedang menikmati narkoba, menjadi pemberitaan yang hangat. Memang siapapun bisa terpengaruh untuk memakai narkoba, dari orang biasa, pejabat, artis, penegak hukum, bahkan aktivis gereja termasuk anak hamba Tuhan terkenal. Paulus mengatakan bahwa orang yang mabuk anggur adalah orang yang dikuasai oleh pengaruh alkohol. Di era sekarang ini, orang yang sakaw adalah orang yang dipengaruhi narkoba, dikendalikan oleh kekuatan yang di luar dirinya.

Dalam buku “Spiritualitas Siap Juang”, Paulus menganalogikan orang yang penuh dengan Roh Kudus dengan orang yang mabuk anggur, persamaannya, sama-sama dikendalikan dan dikuasai oleh kekuatan dari luar dirinya, yang satu oleh alkohol atau narkoba, yang lain oleh Roh Kudus.

Banyak orang yang mengklaim bahwa mereka penuh dengan Roh Kudus, tapi kalau kita amati lebih dalam, mereka itu bukan dikuasai Roh Kudus, tapi mereka mau menguasai Roh Kudus. Mereka menyanjung Roh Kudus, tapi buntutnya, supaya Roh Kudus itu melayani kita, memenuhi kehendak kita, melaksanakan keinginan kita. Roh Kudus kita perlakukan sebagai roh pemberi sukses material, Roh Kudus kita perlakukan sebagai penangkal penyakit.

Firman Tuhan memperingatkan kita, “Janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah, sebab banyak nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.” (1 Yohanes 4:1). Oleh karena itu, ujilah setiap roh, jangan begitu mudah percaya, asal ada mujizat, apalagi kalau menyebut-nyebut nama Yesus, lalu kita sebut itu pekerjaan Roh Kudus, belum tentu!!!

Banyak orang akan berseru kepada-Ku; Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat, mengusir setan dan mengadakan mujizat demi nama-Mu? Dan Yesus menjawab; “Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:23)

(Ditulis dari broadcast BBM pak Gembala..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s