Membandingkan Diri

Standard

“..Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku.”” (1 Raja-raja 19:4c).

Membandingkan itu yang sering kita lakukan,
membandingkan diri kita dengan orang lain,
membandingkan anak kita dengan anak orang lain,
membandingkan isteri kita dengan wanita lain,
membandingkan suami dengan lelaki lain, dst.

Kelihatannya membandingkan bukanlah masalah yang serius, Elia saja juga membandingkan dirinya dengan Musa, nenek moyangnya. Murid-murid Yesus saja membandingkan dirinya dengan murid lainnya tentang siapakah yang terbesar di antara mereka? Tapi coba renungkan dampak yang ditimbulkan akibat membandingkan diri kita atau anggota keluarga kita dengan orang lain. Elia bahkan menjadi stress karena dia merasa tidak lebih baik daripada nenek moyangnya, dia berharap seperti Musa, dia menjadi minder dan kehilangan semangat.

Padahal setiap orang diberi talenta masing-masing, tiap orang diciptakan dengan keunikan masing-masing. Makanya kita tidak perlu membandingkan diri atau anak atau isteri atau suami kita dengan orang lain, karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri. Tuhan memakai kita sesuai dengan cara-Nya. Paulus juga berkata bahwa orang yang membandingkan dirinya dengan orang-orang tertentu, adalah orang bodoh.

Yang penting berbuatlah sebaik mungkin, apapun pekerjaan, profesi yang Tuhan sudah percayakan buat kita dan biarlah Tuhan yang menyempurnakannya. Alkitab berkata: Paulus menaman, Apolos menyiram, tapi Allah yang memberi pertumbuhan. Pendek kata, kita sebagai orang percaya tidak boleh membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain, sebaliknya, kita harus menerima diri kita sendiri apa adanya dan talenta-talenta yang Tuhan berikan kepada kita dan memuji Tuhan atas kebijaksanaan yang ditunjukkan-Nya.

(Ditulis dari broadcast BBM pak Gembala..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s