Iman yang Sederhana

Standard

“Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.” (1 Korintus 2:2).

Dalam buku “Iman: Menjawab Pertanyaan, Mempertanyakan Jawaban”, ada satu pertanyaan yang menggelitik..

Mengapa di zaman sekarang ini semakin sulit bagi orang untuk hidup tenang?

Mungkin kita akan menjawab: tergantung situasi, keadaan dan kondisi. Dalam buku tersebut, ada beberapa jawaban..

#Orang semakin pintar, tidak bisa berpikir sederhana, segala hal mesti dipertanyakan, diperhitungkan, dipertimbangkan. Yang sederhana jadi rumit dan yang mudah jadi sulit.
#Orang semakin sulit hidup tenang karena ukuran yang dikejar orang sekarang ini adalah produktivitas, menghasilkan sebanyak-banyaknya, kalau mungkin juga sebaik-baiknya, dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Untuk itulah, orang kadang dipaksa untuk melakukan beberapa hal sekaligus, secara simultan. Betapa pun banyak dan kompleksnya yang harus kita lakukan dan pikirkan dalam kehidupan kita sehari-hari, arah kita harus satu saja, yang kita utamakan sebaiknya satu saja, yang paling utama, paling pokok, dan paling penting. Hidup ini banyak persimpangan jalan, tapi kalau tujuan kita jelas, maka perjalanan kita akan lebih mudah dan sederhana, kita mau ke mana dalam hidup ini?

Iman juga begitu, mau dibikin ruwet ya bisa ruwet, mau dibikin sederhana juga bisa sederhana, makanya Paulus berkata, aku cuma mau tahu tentang Yesus Kristus, prioritas hidupnya hanya untuk Yesus. Iman yang benar adalah iman yang jelas dan iman yang jelas adalah iman yang sederhana, iman yang hanya mau tahu satu hal saja.

Dalam hidup ini mungkin kita bertanya, mengapa Tuhan mengijinkan masalah, penyakit, kesulitan dalam hidup kita.. Iman seringkali tidak bisa menjawab semua pertanyaan itu, tapi iman mempunyai satu jawaban terhadap semua pertanyaan itu, yaitu..

Apa pun yang terjadi dalam hidup ini,
saya tahu Tuhan mengasihi dan menyertai saya.

(Disadur dari broadcast BBM pak Gembala..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s