Renungan Singkat: Tetaplah Bersyukur

Standard

“..Kemudian ia ingin mati, katanya: “Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku.”” (1 Raja-raja 19:4b).

Yang namanya hidup memang tidak mungkin terbebas dari stress atau tekanan yang membuat kita tertekan, tidak peduli apakah orang itu hebat atau tidak, kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak, tua atau muda, bahkan anak-anak pun bisa menderita stress.

Nabi Elia, nabi yang hebat, nabi yang mampu menurunkan hujan lewat doanya, mengalahkan 450 nabi Baal, eh ternyata juga stress. Elia merasakan tekanan yang luar biasa, sampai dia merasa lebih baik mati. Dia membandingkan dirinya dengan nenek moyangnya, Musa. Dia membuat ukuran yang berlebihan terhadap dirinya.

Pemazmur juga mengalami tekanan, dia berkata; “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

Seringkali, jika stress datang, kita protes kepada Tuhan, kita merasa masalah yang kita alami terlalu berat, padahal bukan masalahnya yang berat, tapi daya tahan kita yang lemah. Belajarlah dari pemazmur yang berharap kepada Tuhan, dia mengatakan; “Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.” “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.”

Jangan biarkan stress dan tekanan menguasai kita, apalagi sampai berpikir untuk mengakhiri hidup, berharaplah kepada Tuhan, maka penghiburan yang dari Tuhan akan menenangkan jiwa kita dan membuat hidup kita menjadi tenang.

Lihatlah Elia, Tuhan tidak membiarkan dia terpuruk, Dia memberikan makanan dua kali, bahkan memberikan Elia kesempatan untuk beristirahat memulihkan kondisinya.
Tuhan kita adalah Allah yang peduli, dia tidak akan membiarkan anak-anak-Nya jatuh sampai tergeletak, tangan-Nya selalu menopang kita.

Tetaplah bersyukur!

(Ditulis dari broadcast BBM pak Gembala..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s