Pelayanan di Mata Tuhan

Standard

“kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.” (Yohanes 13:5).

Guru membasuh kaki murid di dunia ini, sungguh tak lazim dan bahkan merendahkan diri guru itu sendiri. Tapi itulah yang dilakukan Yesus, setelah makan bersama murid-murid-Nya, Ia tiba-tiba bangun dari tempat duduk-Nya, lalu menanggalkan jubah-Nya, mengambil sehelai kain lenan, menuangkan air ke sebuah basi dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya.

Tentu saja murid-murid-Nya terperanjat, terperana, terkesima dan tak dapat menerima, tak pantas seorang guru membasuh kaki muridnya! Yang seharusnya dilakukan adalah sebaliknya.

Pekerjaan membasuh kaki adalah pekerjaan “hina”, tugas seorang budak, pelayan, hamba. Tapi justru karena itu, Yesus sengaja melakukannya, Ia melaksanakan tugas seorang “pelayan” dan Dia berkata: “Aku telah memberi teladan kepadamu.” Bukankah sikap inilah yang harus kita contoh? Yang menjadi masalah dewasa ini adalah orang berlomba-lomba bukan untuk menjadi pelayan Tuhan yang melayani Tuhan, melainkan melayani kepuasan diri sendiri.

Kebanggaan pelayanan masa kini adalah menjadi yang terbesar, Alkitab menuliskan pertengkaran yang terjadi di antara murid-murid Yesus karena mereka ingin tahu siapakah yang terbesar di antara mereka. Pelayanan berpusat pada kehebatan gedung gereja, banyaknya jumlah jemaat, banyaknya jumlah persembahan, mujizat yang terjadi..

Mereka memang menyebut nama Yesus, namun tanpa penyerahan diri kepada-Nya bahkan sebaliknya menjual nama Yesus untuk keuntungan diri sendiri.

Melayani di mata dunia memang bukan pekerjaan bergengsi, bahkan cenderung direndahkan. Untuk melayani dibutuhkan kerendahan hati dan penyangkalan diri, kesediaan untuk, bilamana perlu berjongkok di bawah orang yang kita layani dan membasuh kakinya, tapi bukan menjilat.

Pelayanan adalah tindakan atau aksi, bukan rumusan atau formulasi..

(Ditulis dari bbm pak Gembala..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s