Jujurlah, Masihkah Allah Bermakna?

Standard

“Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu sekalian! Amin.” (Roma 16:24).

Dalam khotbah yang berjudul “Jujurlah, Masihkah Allah Bermakna?” Mungkin kita dengan spontan menjawab, tentu saja Allah masih bermakna dalam hidup kita. Tapi kalau merenungkan lebih dalam, apakah kita benar-benar mengingat-Nya dan Allah sungguh Dialah yang menguasai hidup ini? Atau kita hanya sekadar berkata dan menyebut Allah Maha besar, Dia Maha kuasa, tapi dalam kenyataannya, Dia belum dan bukan yang menguasai hidup kita, tapi “yang lain” yang menguasai hidup kita.

Karena sejujurnya, kadang kita hanya sering mengingat dan memedulikan-Nya sekali waktu, artinya, sekali-kali dan sewaktu-waktu, terutama saat kita mengalami musibah, masalah atau kemalangan, kesusahan dalam hidup. Pada saat itulah biasanya kita dibuat sadar dan terhenyak, sehingga baru menyadari betapa kecil dan terbatasnya hidup kita serta tidak berdaya.

Sebaliknya sering ketika kita ada pada situasi “normal”, artinya perjalanan kehidupan berada sepenuhnya dalam penguasaan dan pengendalian, maka kitalah yang menentukan hitam-putihnya kehidupan, apa yang benar dan yang salah, juga kita-lah yang menentukan arah kehidupan, hanya kita-lah, tidak ada yang lain, tidak juga, Tuhan..

Konsekuensinya, dalam kehidupan nyata dari hari ke hari, Allah sebenarnya tidak kita perlukan lagi. Kita berpikir untuk apa Tuhan? Karena selama ini, kita “mampu” untuk sepenuhnya memegang kendali kehidupan.

Ingatlah hanya oleh karena kasih karunia-Nya saja, kita hidup dan sukses. Itu bukanlah hasil kerja keras kita. Kalau sukses biarlah kita tetap berkata, “Terima kasih Tuhan, Engkau telah menolongku.” Sehingga ketika kegagalan dan kekecewaan menimpa, kita tidak akan menuntut pertanggung jawaban-Nya, sambil menuding, “Di mana Engkau Tuhan? Mengapa hal ini terjadi padaku?”

Biarlah Allah masih dan tetap selalu bermakna dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati..

(Disadur dari broadcast BBM pak Gembala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s