Pepatah dari Norwegia πŸ˜Š

Standard

Norwegia dikenal sebagai salah satu negara dengan cuaca paling ekstrim di dunia. Negara ini memiliki suhu yang lebih dingin dan musim dingin yang lebih panjang dibanding negara-negara Eropa lainnya. Selama musim dingin, matahari di Norwegia hanya bersinar selama beberapa jam saja. Hebatnya, orang-orang Norwegia ini tak begitu terpengaruh dengan cuaca yang negara mereka alami. Hal ini terlihat dari pepatah mereka yang berkata,

“There’s no such thing as bad weather, only bad clothes”

“Tidak ada cuaca yang buruk. Yang ada hanyalah pakaian yang buruk.”

Maksudnya adalah cuaca yang buruk tidak akan pernah menjadi masalah, selama kita dapat berpakaian yang dapat menyesuaikan cuaca tersebut. Misalnya kita memakai jaket dengan lapisan thermal lining, kaos kaki tebal, syal, sarung tangan, tutup kepala, sepatu anti air, dsb.

Belajar dari pepatah Norwegia tersebut, seharusnya kita berani untuk berkata,
“Tidak ada masalah yang terlalu buruk. Yang ada hanyalah respon hati kita yang kurang tepat saat menghadapinya”

Kita tak dapat menghindar dari datangnya cuaca buruk, demikian juga manusia yang tak mungkin dapat menolak datangnya masalah. Tanpa diundang pun, masalah dapat datang dengan sendirinya. “Mengalami masalah” sebenarnya bukanlah inti dari masalah yang sebenarnya, karena setiap orang pastilah mengalami masalah. Yang menjadi masalah justru sikap kita yang kurang bijaksana dalam memandang, menilai, bahkan menyikapinya.

Ketika Tuhan mengizinkan kita mengalami sebuah permasalahan, jangan sampai kita memiliki respon hati dan sikap yang salah. Tetaplah mencari Tuhan dan bersandar hanya kepada-Nya. Bahkan di kondisi terburuk sekalipun menurut penilaian kita, tetaplah percaya bahwa “..Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28).

Pelangi yang indah hanya dapat kita nikmati setelah hujan badai berhenti. Jangan sampai respon hati dan sikap kita yang kurang bijaksana, menghalangi terjadinya rencana Allah yang besar dalam hidup kita.

Tuhan Yesus memberkati setiap kitaπŸ™‚

(Copy paste dari grup Whatsapp dengan editan seperlunya..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s