Pancasila dan Alkitab

Standard

• Pancasila dan Alkitab

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata yaitu: pañca yang berarti lima, dan śīla yang berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sama dengan Alkitab yang merupakan pedoman bagi seluruh umat Kristiani dalam menjalankan kehidupan rohaninya. Lalu, apakah lima sendi utama penyusun Pancasila ini selaras dengan ajaran di dalam Alkitab? Berikut sedikit ulasannya..

Sila ke-1: KETUHANAN YANG MAHA ESA

Sila pertama mengatakan bahwa Tuhan itu satu (esa), dan sila ini sejalan dengan perkataan Musa dalam Ulangan 6:4 yang mengatakan bahwa TUHAN itu esa. Bahkan Tuhan Yesus sendiri juga menegaskan bahwa “Tuhan itu esa” (Markus 12:29).

Sila ke-2: KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

Sila kedua menjelaskan bahwa sebagai sesama manusia, kita harus bersikap adil dan senantiasa memperlakukan manusia lain dengan beradab. Perintah untuk menegakkan dan mengejar keadilan ini juga ditegaskan TUHAN dalam Yesaya 56:1 dan Ulangan 16:20. Mengapa kita diperintahkan menjadi manusia yang adil? Karena Dia sendiri mencintai keadilan (Ibrani 1:9).

Sila ke-3: PERSATUAN INDONESIA

Sila ketiga menekankan untuk menjaga persatuan dan perdamaian dengan seluruh rakyat Indonesia. Alkitab dalam Roma 14:19 meminta kita untuk, “..mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.” Paulus juga menasihati supaya, “..seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.” (1 Korintus 1:10).

Sila ke-4: KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN

Sila keempat mengingatkan agar dalam melakukan segala sesuatu, hendaknya kita dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, serta menyelesaikan permasalahan yang muncul dengan bermusyawarah terlebih dahulu. Tentang hikmat dan kebijaksanaan, Alkitab menceritakan kisah tentang Raja Salomo yang memimpin orang Israel dengan hikmat dan kebijaksanaan (1 Raja 3:16-27). Alkitab juga menjelaskan bahwa untuk mendapat hikmat, kita harus memintanya kepada Allah (Yakobus 1:5). 

Sedangkan penyelesaian masalah dengan permusyawaratan juga beberapa kali dilakukan dalam Alkitab. Salah satunya adalah pemilihan Matias untuk menggantikan Yudas Iskariot. Para rasul telah bermusyawarah dan membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu (Kisah Rasul 1:15-26).

Sila ke-5: KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Sila kelima lebih ditujukan untuk para pemimpin agar terus menciptakan keadilan sosial untuk rakyat Indonesia, terutama bagi rakyat miskin dan rakyat kecil yang terpinggirkan. Pesan bagi para pemimpin ini juga tertulis dalam Mazmur 82:3, “Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!”

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dasar bagi negara Indonesia, tidaklah bertentangan dengan ajaran Alkitab dan sebaliknya, banyak ayat dalam Alkitab yang selaras dengan kelima sila di Pancasila. Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia yang baik, hendaknya kita menghormati Pancasila sebagai ideologi dasar bangsa serta mendukung segala keputusan pemerintah yang baik, karena ada tertulis,

“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.” (Roma 13:1).

Tuhan Yesus memberkati.. (Disadur dari akun Line “Online with God”).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s