Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Standard

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16).

Negara kita memang bukanlah negara agama, namun sebagian besar penduduknya beragama dan rajin beribadah. Rasul Paulus menggambarkan bahwa banyak orang secara lahiriah menjalankan ibadah mereka, tetapi hakikatnya memungkiri kekuatannya (2 Timotius 3:5).

Yang digambarkan Paulus bukanlah mengenai orang-orang yang tidak beriman atau tidak mengenal Tuhan, yang dimaksudkan Paulus adalah yang aktif beribadah, namun hidup keagamaan mereka bagaikan “tong kosong nyaring bunyinya”. Secara kasat mata mereka melakukan yang baik, mengajarkan yang baik, namun dalam hati mereka, tersembunyi motivasi yang tidak murni.

Ada banyak orang yang katanya mengandalkan Tuhan, tapi dalam kenyataannya “Mamon” tetap nomor satu. Rutin berdoa, tapi tetap percaya takhayul dan mistis. Hidup keagamaan bagai tubuh tak bernyawa karena tidak bersumber dalam relasi pribadi dengan Allah. Mereka mengasihi diri sendiri, mencintai uang, dan lebih menyukai kesenangan hidup dibanding persekutuan dengan Allah.

Situasi seperti itu disebut Paulus sebagai “masa yang sukar,” bukan sekadar mengacu pada kesulitan ekonomi, kerusakan lingkungan, situasi politik tidak menentu, namun Paulus lebih menyoroti pada kejatuhan moral manusia yang semakin jauh mementingkan dirinya sendiri.

Lalu bagaimana kita bisa menangkal pengaruh hal-hal di atas? Hanya dengan mengandalkan kuasa firman Tuhan. Firman Tuhan yang membentengi kita dari pikiran, sikap, perkataan dan membawa kita kepada kebenaran yang sejati. Merenungkan dan memahami firman Tuhan akan membantu kita mengalami pembaharuan budi sehingga kita bisa membedakan mana yang merupakan kehendak Allah dalam hidup kita, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2).

Tuhan Yesus memberkati.. (Ditulis dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s