Jangan Menyebut Nama Tuhan dengan Sembarangan

Standard

​”Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.” (Keluaran 20:7).

Kalau kita menyaksikan talkshow atau acara debat di televisi, tidak sedikit orang yang menyebut nama Tuhan, seakan terlihat begitu rohani dan beriman. Alkitab sudah mengingatkan bahwa kita tidak boleh menyebut nama-Nya dengan sembarangan, misalnya: menggunakan nama Tuhan untuk hal negatif (mengutuk, memaki), menyebut nama Tuhan dengan motivasi salah, menyebut nama Tuhan dengan tujuan sia-sia (sering kita saksikan di film-film, orang menyebut “Yesus” ketika sedang terkejut atau kaget), serta menyebut nama Tuhan untuk bersumpah palsu.

Yang lebih tragis, sering kita menyaksikan orang-orang memakai jubah putih, seakan tidak bercela, namun menghunus senjata, memaki, menghina, bahkan melakukan tindakan anarkis, eh masih berani-beraninya mereka menyebut nama Tuhan Mahabesar. Beberapa orang dengan sengaja memakai nama Allah sebagai penguat atau penjamin suatu janji, nama Allah dijadikan garansi untuk janji-janji gombal, bahkan yang lebih mengerikan, nama Tuhan dipakai untuk membenarkan perbuatannya.

Bisa saja mereka adalah para hamba Tuhan, pemimpin gereja yang pekerjaan utamanya memang sering menyebut nama Tuhan.. Tetapi lain di mimbar gereja, lain juga di luar, lain ucapan, lain tindakan, berkata dan hidup dengan sembarangan / tidak bijaksana. Bisa saja kita sebagai umat Kristiani yang sering mengatakan “Puji Tuhan”, tetapi justru kita tidak memuji, melainkan mencaci Dia. Kita tidak memuliakan Allah, melainkan memalukan nama-Nya.

Tuhan Yesus mengatakan,

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23).

Tuhan Yesus memberkati.. (Ditulis dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s