Be a Man of Character

Standard

Kita tidak bisa menjadi matang dalam perbedaan moral hanya semata-mata lewat pengetahuan atau sebuah “saluran emosional”, tetapi kita harus terus-menerus berkembang, memurnikan, mengubah bagian terdalam dari keberadaan kita. Unsur-unsur di dalam diri kita ini menciptakan kualitas yang sebenarnya pada setiap bagian kehidupan; bukan yang tampak di luar dari sebuah produk, tetapi interiornya; bukan yang berkilau pada krom bumper, tetapi suara halus dari mesin yang dirawat; bukan bakat di lapangan bola, tetapi nasionalisme dan integritas ketika lampu sorot sudah padam (ketika kita tidak lagi menjadi pusat perhatian).

Kualitas suatu produk bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Semakin murah suatu barang, semakin banyak polesan yang diperlukan untuk membuatnya berkilau.

Orang yang karakternya kurang baik selalu mencoba menyamakan dirinya dengan orang-orang yang karakter atau talentanya luar biasa, lalu ingin meraih identitas seperti orang-orang tersebut, atau mengendalikan mereka. Ia menggunakan identitas orang lain untuk menggantikan kurangnya integritas. Apa pun yang dimilikinya selalu dikaitkan atau diasosiasikan dengan orang lain. Karena reputasinya yang tidak dapat dipercaya, ia selalu meminjam nama orang lain.

Setiap manusia dibatasi tiga hal dalam hidupnya, yakni: pengetahuan yang dimilikinya, nilai dari karakternya, dan prinsip-prinsip yang mendasari kehidupannya. Hal-hal inilah yang membentuk manusia dari dalam, demi kebaikan maupun kejahatan. Hal-hal inilah yang menegaskan kualitas hidup manusia. Kualitas selalu berasal dari dalam diri seseorang, bukan dari luar.

Ditulis oleh: Edwin Louis Cole..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s