Meraih Impian Anda

Standard

Profesor bisnis Gary Hamel dan C. K. Prahalad menulis tentang sebuah eksperimen yang dijalankan terhadap sekelompok kera. Empat ekor kera ditempatkan di dalam sebuah kamar yang di tengahnya ada sebatang tiang yang tinggi. Di puncak tiang tergantung sesisir pisang. Salah seekor kera yang lapar mulai menaiki tiang untuk mendapatkan sesuatu untuk dimakan, tetapi tepat ketika ia mengulurkan tangan untuk meraih pisang, ia disiram dengan semburan air dingin yang deras. 

Sambil memekik, kera tersebut tergesa-gesa menuruni tiang dan mengurungkan niat dan upayanya untuk makan. Tiap kera melakukan upaya yang sama, dan masing-masing basah kuyup tersiram air dingin. Sesudah berusaha beberapa kali, mereka akhirnya menyerah. 

Lalu, peneliti mengeluarkan salah seekor kera dari ruangan dan menggantikannya dengan seekor kera baru. Ketika pendatang baru ini mulai menaiki tiang, kera-kera yang lain menangkapnya dan menariknya turun ke tanah. Sesudah berusaha menaiki tiang beberapa kali dan ditarik turun oleh kera-kera lain, kera ini akhirnya menyerah dan tidak pernah berusaha menaiki tiang lagi. 

Peneliti mengganti kera-kera yang semula, seekor demi seekor, dengan kera-kera yang baru, dan setiap kali seekor kera baru dibawa masuk, kera ini akan ditarik turun oleh kera-kera lain sebelum dapat meraih pisang. Akhirnya, hanya kera-kera yang tidak pernah tersiram air dingin berada di dalam ruangan, tetapi tidak seekor pun dari kera tersebut menaiki tiang. 

Kera-kera ini saling menghalangi agar tidak memanjat, tetapi tidak seekor pun tahu alasannya.

Dari sumber: Gary Hamel dan C. K. Prahalad, Competing for the Future (Cambridge, MA: Harvard Business School Press, 1996), 55-56

Mungkin orang lain telah memberi pengaruh buruk dalam hidup Anda. Mereka menghalangi Anda bermimpi. Mungkin mereka menolak kenyataan bahwa Anda ingin naik atau melakukan sesuatu yang berarti dengan hidup Anda. Atau mungkin mereka berusaha melindungi Anda dari kepedihan atau kekecewaan. Cara apa pun jika Anda dihalangi untuk bermimpi, berbesar hatilah. Tidak pernah terlalu terlambat untuk mulai bermimpi dan mengejar impian Anda..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s