Resep Pernikahan Lama dan Bahagia

Standard

Pasangan lanjut usia, George dan Mary Lou, merayakan ulang tahun emas pernikahan mereka. Dengan angka perceraian yang begitu tinggi, seorang reporter ingin tahu tentang rahasia sukses mereka. Jadi, ia bertanya kepada George,

“Apa resep Anda untuk pernikahan yang lama dan bahagia?”

George menjelaskan bahwa sesudah upacara pernikahan mereka, ayah mertuanya mengajak ke samping dan memberikan kepadanya sebuah paket kecil. Di dalam paket itu ada sebuah jam tangan emas yang George masih kenakan. Ia memperlihatkan kepada reporter tersebut. Di permukaan jam tangan itu, di mana ia dapat melihatnya berkali-kali setiap hari, tertulis kata-kata,

“Katakan sesuatu yang baik kepada Mary Lou.”

Kita semua senang mendengar hal-hal baik yang dikatakan tentang kita. Kita semua ingin dihargai. Namun, banyak orang tidak menerima umpan balik yang positif dan penghargaan. 

Dalam bukunya “Blink”, Malcolm Gladwell menulis tentang pakar hubungan bernama John Gottman yang mampu memberi ramalan yang dapat diandalkan tentang kemungkinan sukses pernikahan suatu pasangan, berdasarkan interaksi mereka seorang dengan yang lain. Apa yang ia cari, yang menunjukkan bahwa suatu hubungan pernikahan menuju bencana?

Penghinaan. 

Jika salah seorang dari pasangan memperlakukan pasangannya dengan menghina, hubungan tersebut biasanya pasti gagal. Mustahil untuk menambahkan nilai pada seseorang yang kita tidak hargai. Jika kita tidak menghormati seseorang, kita tidak dapat memperlakukan mereka dengan hormat. 

Carilah nilai orang-orang dan nyatakan penghargaan Anda atas mereka. Temukan nilai dalam diri mereka, puji kontribusinya, dan temukan sesuatu untuk dihargai di dalam diri mereka. (Disadur dari tulisan John C. Maxwell)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s