Pandangan Hidupku

Standard

• Pandangan Hidupku

Dahulu aku sangat kagum pada manusia yang: Cerdas, kaya, berhasil dalam karir, hidup sukses, dan hebat dalam dunianya. Sekarang aku memilih untuk mengganti kriteria kekagumanku. Aku kagum dengan: Manusia yang hebat di mata Tuhan, sekalipun penampilannya kadang terkesan biasa dan sangat bersahaja.

Dahulu aku memilih marah ketika harga diriku terasa dijatuhkan orang lain yang berlaku kasar dan menyakitiku dengan berbagai kalimat sindiran. Sekarang aku memilih untuk banyak bersabar dan memaafkan, karena aku yakin ada hikmah yang datang dari mereka, ketika aku belajar melepaskan maaf dan bersabar. 

Dahulu, aku memilih untuk mengejar dunia dan menumpuknya sebisaku. Ternyata aku sadar bahwa kebutuhanku selama ini hanyalah cukup makan dan minum untuk hari ini. Sekarang aku memilih untuk bersyukur dan bersyukur dengan apa yang ada, dan memikirkan bagaimana aku mengisi waktuku hari ini dengan apa yang dapat aku perbuat dan bermanfaat untuk sesamaku yang membutuhkan. 

Dahulu, aku berpikir bahwa aku dapat membahagiakan: Orangtua, saudara, dan teman-temanku jika aku berhasil dengan duniaku. Ternyata yang membuat mereka berbahagia bukanlah keberhasilan dalam duniaku melainkan: Ucapan, sikap, tingkah laku yang baik, dan sapaan hangatku pada mereka. Sekarang aku memilih untuk membuat mereka berbahagia dengan apa yang ada padaku, karena aku ingin dapat memberikan manfaat yang baik di tengah-tengah mereka.

Dahulu, fokus pikiranku adalah membuat berbagai rencana dahsyat untuk duniaku. Ternyata aku menjumpai banyak teman dan saudara yang begitu cepat berpulang kepada-Nya. Sekarang yang menjadi fokus pikiran dan berbagai rencanaku adalah bagaimana agar hidupku dapat berkenan di mata Tuhan dan memberi manfaat yang baik bagi sesama, jika suatu saat nanti diriku dipanggil pulang oleh-Nya.

Τak ada yang dapat menjamin bahwa aku akan dapat menikmati terik matahari esok. Karena itu aku tidak mau menyia-nyiakan hari ini.. (Disadur dari berbagai sumber..)

Leave a Reply

