Ubah Masa Depanmu

Standard

Pertama kali saya benar-benar menyaksikan ampuhnya keyakinan seseorang terhadap nasibnya terjadi saat kegiatan temu wicara di SMA, ketika saya pertama kali mendengar perkataan seorang pakar motivasi. Dia warga Amerika bernama Reggie Dabbs, dan dia mendapat pekerjaan sukar hari itu. Ada 1.400 anak di acara tersebut. Udara terasa panas dan lengket. Perlengkapan sound system yang sering macet mengeluarkan suara berisik dan terkadang tidak berbunyi sama sekali. 

Anak-anak yang hadir terlihat gelisah, tapi dia memikat kami sepenuhnya lewat kisahnya, bahwa dia dilahirkan di luar nikah oleh seorang pelacur remaja dari Louisiana yang awalnya mempertimbangkan aborsi untuk memecahkan “masalah kecilnya”. Mujur bagi Reggie, gadis itu memutuskan untuk melahirkannya. Gadis itu tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal setelah mulai mengandung, jadi dia pindah ke sebuah kandang ayam. 

Saat meringkuk di sana pada suatu malam, takut dan sendirian, dia ingat salah satu mantan gurunya, seorang wanita yang sangat simpatik, memberitahunya agar menelepon saat membutuhkan bantuan. Nama guru itu adalah Mrs. Dabbs. Guru ini berkendara dari rumahnya di negara bagian Tennessee ke Louisiana, menjemput remaja yang sedang hamil itu, dan membawanya pulang ke keluarganya sendiri, kepada suami dan enam anaknya yang sudah dewasa. Mrs. Dabbs dan suaminya mengadopsi Reggie serta memberinya nama keluarga mereka. 

Pasangan itu menanamkan nilai-nilai moral yang kokoh ke dalam dirinya, kata Reggie. Salah satu didikan utama yang mereka ajarkan adalah tak peduli apa pun situasi atau keadaan yang menimpanya, dia selalu bisa memilih untuk merespons secara negatif atau positif. 

Reggie memberitahu kami bahwa dia hampir selalu membuat keputusan yang benar sebab dia meyakini berbagai peluang yang dimilikinya atas kehidupan. Dia tidak mau melakukan hal yang buruk sebab dia yakin ada begitu banyak kebaikan yang sedang menunggunya. Dia khususnya menekankan suatu hal yang benar-benar menghantam saya secara telak: “Kita takkan pernah bisa mengubah masa lalu, tapi kita bisa mengubah masa depan kita!”

Saya menyimpan perkataannya dalam hati. Dia telah menyentuh kami semua. Reggie juga telah membantu menanamkan sebuah benih di pikiran saya untuk memiliki karier sebagai seorang pembicara publik. Saya menyukai fakta bahwa pria rendah hati itu bisa memberikan dampak positif pada sekelompok besar remaja yang tak bisa diam. Dan kelihatannya keren mengingat dia terbang berkeliling dunia hanya untuk bicara kepada orang banyak–dia dibayar untuk memberikan pengharapan bagi banyak orang!

Saat meninggalkan sekolah hari itu, saya berpikir, Barangkali aku bisa punya kisah bagus yang bisa dibagikan kepada orang lain suatu hari nanti, seperti kisah Reggie. 

Saya menghimbau Anda untuk menerima bahwa meskipun Anda saat ini mungkin tidak bisa melihat jalan Anda, bukan berarti jalan itu tidak ada. Yakinlah, kisah Anda sedang menunggu untuk diungkapkan, dan saya tahu itu pastilah luar biasa! (Ditulis oleh: Nick Vujicic).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s