Mimpi Sang Ayah

Standard

Hamba-Nya, Ps. Xavier Quentin Pranata pernah membagikan kisah ini di radio. Semoga dapat menjadi berkat..

Ada seorang ayah yang memiliki kegemaran suka meminum minuman keras, yang dibelinya dari bapak penjual minuman di ujung gang rumahnya. Hingga pada suatu hari ia bermimpi. Dalam mimpinya itu, sang ayah melihat ada empat ekor tikus. Tikus yang pertama bertubuh gemuk, tikus kedua dan ketiga bertubuh kurus, dan tikus keempat memiliki mata yang buta. Cukup lama sang ayah merenung tentang apa makna dari mimpi tersebut. Apakah mimpi tersebut sebuah pertanda kesialan, atau pertanda lainnya..

Anak semata wayangnya mencoba memberanikan diri mengartikan mimpi tersebut. Anaknya berkata,

“Ayah. Tikus yang gemuk itu adalah lambang dari bapak penjual minuman keras di ujung gang kita. Begitu banyak orang yang membeli minuman kerasnya, sehingga bapak tersebut tubuhnya menjadi gemuk karena memiliki uang yang cukup untuk membeli makanan apa saja.”

Sampai di sini, sang anak berhenti sejenak. Lalu dengan sangat berhati-hati ia melanjutkan ceritanya,

“Maaf, Ayah. Tikus yang buta itu adalah perlambang Ayah sendiri yang tidak dapat melihat tipuan dari bapak penjual minuman keras itu. Ayah ditipu menghabiskan uang sebegitu banyaknya untuk membeli minuman keras, sehingga tidak ada lagi uang untuk membeli makanan di rumah. Kedua tikus bertubuh kurus itu adalah lambang dari Ibu dan saya, yang selama ini hanya mendapat sisa-sisa uang dari pembelian minuman keras. Untuk membeli makanan di rumah pun, kami harus sangat hemat, bahkan tak jarang harus berpuasa karena di rumah tidak ada persediaan bahan makanan..”

Hari ini, hal apa yang membutakan mata sehingga mengorbankan waktu bersama dengan orang yang kita sayangi? Tidak selalu berupa barang, bisa juga berupa kegemaran. Be wise. Karena bila sering berkata, “Not now, Son..” pada anak kita, akibat kesibukan sehingga tidak memiliki waktu bersama keluarga.. Kelak ketika anak sudah besar dan kita ingin memiliki waktu dengannya, dia akan menjawab, “Not now, Dad..” Big God bless you :) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s