Semut dan Tetesan Madu

Standard

Setetes madu terjatuh di atas tanah, lalu datanglah seekor semut kecil menghampirinya. Dengan perlahan dicicipinya tetesan madu tersebut.  

“Hmmm.. Rasanya sungguh manis,”

Lalu dia segera pergi.

Namun, rasa manis madu tersebut begitu memikat hatinya. Dia segera menuju tempat tetesan madu tersebut untuk mencicipinya kembali,

“Sedikit saja lagi, baru setelah itu aku akan pergi,” demikian pikirnya.

Tetapi dia tetap merasa tidak puas dan terus penasaran bila mencicipi madu hanya dari pinggir tetesannya,

“Kenapa tidak sekalian saja aku menceburkan diri ke dalam tetesan madu ini, agar aku dapat menikmati manisnya lagi dan lagi?” Demikian pikirnya. 

Maka masuklah sang semut tepat berada di tengah tetesan madu..

Tetapi apa yang terjadi? Semut tersebut malah tenggelam di dalam tetesan madu, kakinya menjadi lengket dengan tanah. Semut tersebut gagal keluar dan pada akhirnya mati di dalam kubangan madu yang dia sukai itu. Sungguh tragis..

Apa pun yang berlebih di dunia ini tidaklah baik bagi kehidupan kita. Bahkan coklat termanis bila dimakan berlebihan pun dapat menyebabkan gigi kita sakit dan berlubang. Tetaplah kuasai diri dan jangan takabur, sehingga kita tidak menjadi serakah dan lupa diri. Jangan biarkan manis dan pahitnya dunia merubah diri kita menjadi orang lain. 

Tetaplah mengucap syukur terhadap apa yang sudah dipercayakan Tuhan dalam hidup. Sebab Tuhan baik, Dia tahu kapasitas hidup saat Dia memberi berkat-Nya bagi kita. Rasa manis yang cukup dan disertai ucapan syukur, jauh lebih nikmat dari rasa terlalu manis yang disertai dengan keluhan dan keserakahan. 

Bahkan ketika keadaan mengijinkan mengecap rasa pahit, respon hati yang benar akan mengajak kita untuk menikmati rasa pahit tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Tidak semua obat memiliki rasa manis, bahkan obat yang rasanya pahit pun, memiliki manfaat yang baik bagi hidup kita. 

Have blessed day all,

Big God bless you :) 

(Disadur dari status facebook Herline Purnamasari. Thank you 😊)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s