Proses Sepotong Besi

Standard

Sepotong besi berharga $2.50

• Jika ditempa menjadi tapal kuda, harganya akan menjadi $50,-

• Jika ditempa menjadi bel gereja, harganya dapat naik menjadi $175,-

• Jika dibentuk menjadi pedang, harganya berlipat menjadi $1.600,-

• Jika dibentuk menjadi arloji Rolex, harganya melonjak menjadi $125.000,-

Setiap tempaan dan pembentukan terhadap besi tersebut akan meningkatkan nilai jualnya. Lebih banyak ditempa, dipukul, dan dibakar, maka nilainya menjadi semakin tinggi. Dalam mengarungi kehidupan, jika kita diijinkan melalui area pembentukan, tempaan dan ujian, maka karakter kita nantinya akan semakin terbentuk. Ibarat emas semakin dilebur dan dipanaskan, maka hasilnya akan timbul bagaikan emas murni.

Terkadang kita merenung mengapa harus melalui semuanya ini? Sampai kapan keadaan akan berakhir? Kita memang tidak tahu di mana dan kapan titik akhirnya, tetapi marilah bersama-sama belajar menikmati proses kehidupan yang diijinkan terjadi, tetap menjaga serta memiliki respon hati yang benar dalam memandang setiap keadaan, entah itu mendatangkan suka, maupun duka. 

Manusia mungkin sudah menyerah menghadapi kita, tetapi ingatlah bahwa Tuhan dan keputusan kita sendirilah yang menentukan, apakah kita mau berhenti dan keluar dari proses? Atau kita tetap percaya dan meneguhkan hati, bila Tuhan sendiri tidak pernah menyerah dalam menghadapi tingkah laku hidup kita, maka kita juga tidak boleh menyerah saat bergumul di dalam proses-Nya. 

Sebuah proses tidak akan pernah mengkhianati hasilnya. Jatuh? Bangkit lagi. Gagal? Coba lagi. Tetaplah bersyukur, berpikir dan berkata positif, serta tetap mengusahakan yang terbaik dalam setiap karya dan aktivitas kita. 

Haleluya!

“Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.” (Ibrani 12:10).

(Disadur dari berbagai sumber..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s