Menyebar Gosip

Standard

Menyebar gosip adalah olahraga berburu yang dilakukan secara diam-diam untuk menghancurkan nama baik orang lain. Penggosip yang sudah mendarah daging senang menyaksikan nama baik seseorang hancur berkeping-keping. Mereka gemar mengupas sifat seseorang tanpa merasa bosan atau menyebabkan orang lain berselisih. 

Tim Stafford, penulis “That’s Not What I Meant”, menyebut gosip sebagai “percakapan sampah”. Saya tidak dapat menyetujuinya lagi. Gosip memiliki karakter yang agak sulit dimengerti. Gosip mengandalkan kabar angin yang dangkal dalam mengembangkan inti percakapan mereka. 

“Gosip adalah sejenis asap dari pipa tembakau kotor milik orang-orang yang menghembuskannya,” menurut penulis novel dari Inggris, George Elliot, “yang hanya membuktikan buruknya cita rasa perokok tersebut.”

Berjual beli gosip tidak hanya akan menyakiti korban yang tidak bersalah–yakni Anda–namun juga merendahkan penggosip dan siapa saja yang mendengarkannya. Berita baiknya bila seseorang mencoba bercerita kepada Anda mengenai sesuatu yang tidak ingin Anda dengar, Anda tidak perlu terjebak. Ada berbagai cara yang tak terhitung banyaknya untuk menghindari rahasia-rahasia yang tak diinginkan. 

Hentikan saja ucapan penggosip itu dengan cara tidak mendengarkan rahasia yang mereka kemukakan. Anda dapat menghindari untuk tidak membuka jalan bagi arus gosip, jika Anda siap dengan beberapa jawaban tegas yang pasti. (Ditulis oleh Dr. Les Parrott III, Ph.D).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s